Salin Artikel

Sebagian Lahan Pemakaman Covid-19 di Palembang Akan Digusur untuk Tol Kapal Betung

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) diperkirakan akan menggusur lahan pemakaman khusus Covid-19 yang berada di Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Agus Kelana mengatakan, lokasi pemakaman Covid-19 tak seluruhnya terkena penggusuran pembangunan tol.

Hanya 4.800 meter yang terkena pembangunan dari total 6 hektar lahan pemakaman Covid-19. Namun, Waskita Karya telah mengganti lokasi lahan tersebut menjadi seluas 5.500 meter persegi yang juga berada di areal kawasan Kecamatan Gandus.

“Lahan pemakaman Covid-19 yang terkena (gusur) itu masih kosong. Sehingga tidak ada masalah, karena lahannya juga diganti lebih luas. Yakni 5.500 meter,” kata Agus, Kamis (19/1/2023).

Lokasi lahan pemakaman khusus Covid-19 di Kecamatan Gandus tersebut merupakan milik Pemerintah Kota Palembang.

“Tidak ada punya masyarakat, lahannya milik pemkot,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kota Palembang, Zulkarnain membenarkan bahwa sebagian makam Covid-19 akan terkena gusur dalam proses pembangunan tol Kapal Betung.

Menurut Zulkarnain, luas lahan pemakaman Covid-19 di Gandus adalah 6 hektare.

“Yang terkena hanya 4.800 itu juga kosong belum ada digunakan untuk pemakaman Covid-19,” ujarnya.

Zulkarnain menjelaskan, sejauh ini kasus penyebaran Covid-19 di Palembang pun telah melandai. Bahkan, banyak warga yang sudah menggunakan TPU untuk proses pemakaman pasien Covid-19.

“Sehingga, proses pemakaman jenazah Covid-19 di lahan itu juga sudah sangat jarang dilakukan. Berbeda saat pada awal pandemi,” jelasnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan tol Kapal Betung itu memiliki panjang 111,7 kilometer. Saat ini, sesi Kayuagung-Palembang telah rampung dan dilanjutkan pada sesi Keramasan-Betung.

Memasuki wilayah Palembang, tol ini melintasi kawasan Kecamatan Gandus yang berada persis di pemakaman Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/19/171126278/sebagian-lahan-pemakaman-covid-19-di-palembang-akan-digusur-untuk-tol-kapal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke