Salin Artikel

Keluarkan Surat Edaran, Disdik Palembang Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

PALEMBANG, KOMPAS.com - Seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Palembang, Sumatera Selatan, dilarang membawa lato-lato ke tempat belajar lantaran dinilai mengganggu aktivitas di sekolah.

Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 420/0191/Disdik/2023 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Palembang pada Senin (16/1/2023). 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ansori mengatakan, permainan lato-lato yang kini sedang digandrungi seluruh pelajar dapat merusak fokus para siswa saat di sekolah.

Sehingga, seluruh siswa diminta untuk tidak membawa permainan tersebut karena akan mengganggu proses belajar.

“Permainan ini tidak mengenal waktu dan tempat. Sehingga siswa diminta untuk tidak membawa lato-lato ke sekolah,” kata Ansori, Rabu (18/1/2023).

Ansori menjelaskan, para guru di sekolah nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap muridnya masing-masing untuk memastikan tidak ada anak yang membawa lato-lato ke sekolah.

Bila kedapatan, mainan itu nantinya akan disita pihak sekolah.

“Ada dampak negatif yang ditimbulkan dari mainan ini, salah satunya mengganggu kenyamanan belajar,” jelas dia.

Adapun 3 poin surat edaran yang dikeluarkan tersebut yakni pertama, menginstruksikan satuan pendidikan untuk melarang peserta didik membawa alat permainan Lato-lato atau barang mainan lainnya yang membahayakan ke sekolah.

Kedua, jika ditemukan siswa membawa Lato-lato atau barang mainan lainnya yang membahayakan ke sekolah, pihak sekolah berhak mengambil mainan tersebut. 

Ketiga, mengimbau orangtua untuk lebih mengawasi dan memastikan keamanan anak-anaknya dalam melakukan berbagai aktivitas agar tidak membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

“Kami harap dengan surat edaran ini dapat menghindari kerusakan sarana dan prasarana di sekolah,” ungkap Ansori.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/18/184611178/keluarkan-surat-edaran-disdik-palembang-larang-siswa-bawa-lato-lato-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke