Salin Artikel

48 Hewan Ternak Babi di Kupang Mati Mendadak, Sampel Darah Diuji hingga Pemda Keluarkan Surat Edaran

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Yosep Paulus, mengatakan, puluhan ternak babi yang mati itu tersebar di enam Kecamatan.

"Ada babi yang mati dengan gejala nafsu makan menurun, ada bercak merah sampai kebiruan pada bagian dada, telinga, dan panas," kata Yosep, kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Yosep memerinci, dari 48 babi yang mati, paling banyak di Kecamatan Kupang Tengah sebanyak 18 ekor, kemudian Kecamatan Kupang Timur 15 ekor.

Kecamatan Nekamese ada enam ekor yang mati, Kecamatan Takari lima ekor, Kecamatan Kupang Barat tiga ekor dan Kecamatan Semau satu ekor.

Menurut Yosep, awalnya Dinas Peternakan Kabupaten Kupang menerima laporan dari warga terkait babi yang mati mendadak pada 12 Januari 2023.

Saat itu, dilaporkan babi yang mati sebanyak 16 ekor. Kemudian, pada 16 Januari 2023, angkanya mengalami kenaikan hingga mencapai 48 ekor.

"Jadi data 48 ekor babi yang mati itu kita catat hingga 17 Januari 2023," ujar dia.

Untuk mengetahui penyebab matinya babi lanjut Yosep, pihaknya telah mengirim dua sampel darah babi untuk dilakukan uji labotarorium di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Veteriner Oesapa, Kota Kupang

Dia menjelaskan sesuai hasil observasi di lapangan, babi yang mati sempat menunjukan gejala klinis demam tinggi dengan suhu tubuh di atas 39 derajat Celcius, lemas, bercak kemerahan di sekujur tubuh, dan hilangnya nafsu makan.

Kasus dugaan penyakit menular African Swine Fiver (ASF) dan hog kolera hampir sama dan sulit untuk ditentukan. Paling lambat empat hari ke depan, hasil penelitian sampel bisa diketahui.

Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan kepada semua kepala Pusat Kesehatan Hewan untuk berkoordinasi dengan Camat maupun Kepala Desa untuk menginformasikan matinya ternak babi.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/18/165325478/48-hewan-ternak-babi-di-kupang-mati-mendadak-sampel-darah-diuji-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke