Salin Artikel

Bentrok PKL dengan Petugas di Lhokseumawe, Sekda: Penertiban Bukan Maunya Wali Kota

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe, T. Adnan, mengatakan, bentrok pedagang kaki lima (PKL) dengan petugas penertiban di Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh bukan kemauan Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Imran.

Dia menyampaikan, penertiban para PKL harus dilakukan demi ketertiban dan keindahan kota.

“Penertiban itu bukan maunya wali kota. Ini untuk ketertiban dan keindahan kota. Jadi, jangan personalnya, Pak Imran-nya. Kalau saya wali kota juga mungkin begitu, demi keindahan kota,” kata Adnan kepada wartawan.

Dia menyebutkan, tuntutan pedagang untuk berdialog langsung dengan Pj Wali Kota Lhokseumawe, Imran, telah ditampung.

“Mereka (pedagang) minta disampaikan ke Pak Imran. Sampai mereka bertemu Pak Imran, mereka minta penggusuran dihentikan sementara,” kata Adnan.

Adnan menyampaikan, saat ini Pj Wali Kota Imran masih melakukan dinas luar kota. Oleh karena itu, untuk sementara penggusuran PKL akan dihentikan.

“Saya sudah bilang ke Satpol PP, agar hentikan dulu penggusuran sementara,” katanya.

Namun dia menegaskan, dibutuhkan cara lebih tepat agar penggusuran tetap bisa dijalankan secara humanis.

Pasalnya, pemerintah sudah berkali-kali menyurati pedagang agar membongkar sendiri warungnya. Selama ini pedagang PKL berjualan di badan jalan dan dinilai mengganggu ketertiban umum.

“Hanya saja caranya (yang humanis) kita pikirkan. Penataan kota tetap harus dilakukan,” terangnya.

Dia menyatakan, petugas Satpol PP Lhokseumawe juga mengalami luka-luka saat bentrok terjadi.

“Jadi masyarakat juga luka, petugas juga luka-luka. Maka kita cari formulasi paling tepat, yang jelas penertiban tetap dilakukan,” pungkas Adnan.

Sebelumnya diberitakan, penertiban pedagang kaki lima berakhir ricuh dengan petugas gabungan di Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Kericuhan itu disebabkan pedagang menolak digusur. Sehingga baku pukul pun tak bisa terhindari.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/17/120431978/bentrok-pkl-dengan-petugas-di-lhokseumawe-sekda-penertiban-bukan-maunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke