Salin Artikel

Detik-detik Rumah Dinas Kapolda Papua Kebakaran, Saksi Dengar Ledakan Usai Melihat Asap Tebal

KOMPAS.com - Rumah Dinas Kapolda Papua kebakaran pada Selasa (17/1/2023) sekitar pukul 04.57 WIT.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo menyampaikan detik-detik terjadinya kebakaran.

Berdasarkan keterangan petugas jaga di kediaman Kapolda Papua, ia mulanya mendengar teriakan dari dalam rumah sebelum api membesar.

Teriakan tersebut mengatakan, "Ada asap."

Petugas tersebut lantas berlari ke dalam rumah. Di sana, ia melihat sumber api di bagian sudut kiri bagian belakang rumah dinas.

"Di mana asap tebal dan tidak lama kemudian terdengar suara ledakan dari dalam kediaman disertai nyala api," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Kabid Damkar Kota Jayapura Margaretha Veronita Kirana menuturkan, kebakaran di Rumah Dinas Kapolda Papua, Jalan Trikota, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.56 WIT atau dua jam setelah adanya laporan kebakaran.

Api berhasil dipadamkan usai tujuh mobil water cannon, tiga di antaranya milik Damkar Kota Jayapura dibantu mobil tangki yang menjadi penyuplai air, dikerahkan.

Margaretha menjelaskan, menurut dugaan sementara, Rumah Dinas Kapolda Papua terbakar akibat korsleting dari salah satu ruangan.

"Untuk memastikan masih dilakukan penyelidikan oleh kepolisian," ucapnya, dikutip dari Antara.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di Rumah Dinas Kapolda Papua.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut," ungkapnya.

Sewaktu peristiwa itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri bersama keluarga sedang tidak berada di rumah dinas.

Kini, penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura Kota sedang mengumpulkan keterangan dari saksi dan bakal melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Saat ini kepolisian telah memasang garis polisi pada lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa saat kebakaran dan masih didalami sebab-sebab terjadinya kebakaran,” tuturnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Dheri Agriesta), Antara

https://regional.kompas.com/read/2023/01/17/114300478/detik-detik-rumah-dinas-kapolda-papua-kebakaran-saksi-dengar-ledakan-usai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke