Salin Artikel

Tanggul Laut Semarang-Demak Bakal Dibangun Setelah Lebaran untuk Atasi Banjir Rob

SEMARANG, KOMPAS.com - Tanggul laut dari Tanjung Emas, Kota Semarang, hingga Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, bakal mulai dibangun setelah Lebaran tahun ini.

Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, tanggul laut tersebut digunakan untuk mengantisipasi banjir rob di kawasan rentan seperti di Tambaklorok.

"Setelah Lebaran awal, kami akan mulai bangun tanggul laut itu," kata Hevearita, saat ditemui di Jalan Pandaran Semarang, pada Jumat (13/1/2023).

Dalam pembangunan tanggul itu, Pemerintah Kota Semarang akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pembangunan seperti ini memang harus dipikul bersama karena memakan biaya yang tak sedikit," ujar dia.

Selain tanggul laut, Pemerintah Kota Semarang juga akan membangun pompa kolam seluas 200 hektare di wilayah Semarang Timur.

"Jadi, nanti air dari hulu ke hilir bisa ditampung dulu di kolam tersebut," papar dia.

Kemudian, untuk wilayah Semarang Barat, tepatnya di Sungai Plumbon, juga masuk dalam kategori sungai yang akan dilakukan restorasi.

"Jadi, restorasi Sungai Plumbon juga arahan dari Menteri PUPR," ujar dia.

Dia berharap, rencana penanggulangan bencana yang akan dilakukan Pemerintah Kota Semarang dengan pemerintah tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Ini kami lakukan demi masyarakat, semoga bisa berjalan dengan lancar," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/13/172510578/tanggul-laut-semarang-demak-bakal-dibangun-setelah-lebaran-untuk-atasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke