Salin Artikel

Hilang 10 Hari, Keberadaan ASN Pringsewu Masih Misterius, Sempat WhatsApp Sang Istri

Kabar orang hilang itu tersebar melalui pesan berantai WhatsApp pada Rabu (4/1/2023) sore.

Dalam pesan tersebut, kronologi berawal saat Ni SayuKeyut Dewi Vitasari , sang istri Adi Rinata pulang ke rumahnya di Seputih Raman, Lampung Tengah pada Sabtu (31/12/2022).

Adi Rinata berencana menyusul istrinya yang sudah pulang kampung terlebih dahulu.

Pada Selasa (3/1/2023) sekitar pukul 14.00 WIB, Adi Rinata sempat menghubungi istrinya. Kala itu Adi Rinata mengabari istrinya akan pulang dari Pringsewu melalui rute Pringsewu-Kalirejo-Wates.

Dalam pesan itu juga disebut biasanya Adi Rinata pulang lewat gunung atau Tulung Itik Kalirejo-Bekri dengan mengendarai sepeda motor.

Namun hingga tengah malam, Adi Rinata tak kunjung tiba. Padahal Pringsewu ke Seputih Raman biasanya hanya perlu ditempuh dua jam menggunakan motor.

Saat dihubungi Sayu, ponsel Adi Rinata sudah tak aktif. Karena khawatir, Sayu pun menyusul sang suami ke Pringsewu. Namun keberadaan Adi Rinata tak diketahui.

Saat dikonfirmasi Tribunlampung.co.id, Kepala DLH Pringsewu Nur Fajri membenarkan bahwa I Gede Made Adi Rinata merupakan PNS di dinasnya.

"Benar, I Gede Made Adi Rinata merupakan bendahara pengeluaran pada DLH Pringsewu yang bestatus PNS. Kronologi kejadiannya pun sesuai dengan pesan WhatsApp yang beredar," kata Fajri, Kamis (5/1/2023) pagi.

Fajri menyebut, pihaknya pada Rabu (4/1/2023) telah melakukan penyisiran jalan yang biasa dilalui Adi Rinata.

"Keluarga besar DLH Pringsewu yang tergabung dalam Tim I telah melakukan penyisiran jalan yang biasa dilalui oleh Saudara I Gede Made Adi Rinata saat pulang ke rumahnya di Seputih Raman, Lampung Tengah," terangnya.

Dari hasil penyisiran jalan, dilihat melalui CCTV di Kampung Sinar Luas, Bangunrejo, Lampung Tengah, Selasa (3/1/2022) pukul 15.14 WIB, Adi Rinata terlihat melintas dengan menggunakan sepeda motornya dalam keadaan sehat.

Fajri menjelaskan, Tim II juga akan melakukan penyisiran.

"Penyisiran hari ini akan meliputi Kampung Sinar Luas, Bangunrejo menuju ke arah Simpang Bekri, Lampung Tengah," jelasnya.

Fajri berharap Adi Rinata dapat segera ditemukan dalam keadaan sehat.

"Mudah-mudahan saudara kita Adi Rinata dapat ditemukan dalam keadaan sehat walafiat," harapnya.

Sementara itu istri Adi Rinata telah melaporkan hilangnya sang suami ke Polres Lampung sejak 5 Januari 2023.

Ia mengatakan tak ada masalah di antara hubungan keluarga mereka. selain itu Sayu juga mengatakan suaminya sedang tak berkonflik secara personal dengan orang lain.

"Rumah tangga kami juga dalam keadaaan baik, jadi tidak ada masalah apapun termasuk di kantor," katanya, Sabtu (5/1/2023).

Sayu mengatakan, dirinya tidak mengetahui sebab hilangnya sang suami. Padahal sebelumnya, pihak keluarga melihat I Gede Made Adi Rinata terpantau CCTV di simpang Wates, Lampung Tengah.

Hingga kini pihak keluarga tetap berupaya untuk mencari petunjuk keberadaan suaminya.

Pairul mengatakan, salah satu kemungkinan hilangnya Adi Rinata adalah menjadi korban kriminal di Lampung Tengah.

"Seseorang dikatakan hilang bisa jadi akibat perbuatan jahat, baik itu korban perampokan atau pembegalan," katanya kepada Tribun Lampung, Kamis (12/1/2023).

Pasalnya Adi Rinata diketahui menempuh perjalanan dari Pringsewu menuju Lampung Tengah seorang diri sehingga ada kemungkinan ia jadi korban tindak kriminal.

I Gede Made Adi Rinata dihilangkan oleh pelaku kejahatan, dan diambil hartanya.

Kemungkinan yang kedua adalah yang bersangkuta menghilangkan diri. Dari kemungkinan ini, kesaksian dari keluarga dan DLH Pringsewu akan membantu dalam proses penyelidikan.

"Jika orang dinyatakan hilang dengan motif menghilangkan diri, ada potensi orang itu punya latar belakang masalah," kata pakar sosiolog kriminal tersebut.

Ia mengatakan masalah yang timbul bisa dari keluarga atau lingkungan kerja. Terlebih Adi Rinata memiliki jabatan krusial dalam sebuah instansi yakni sebagai bendahara umum.

Posisi pemegang keuangan instansi tersebut sangat potensial menjadi polemik berujung tindak kriminal.

Dengan demikian, kata Pairul, I Gede Made Adi Rinata akan terus menjadi incaran bagi golongan yang tidak menghendaki dia.

"Orang yang punya masalah akan berusaha menghindar bahkan menghilangkan diri," katanya.

Selain itu, peran keluarga juga penting dalam kesaksiannya dalam proses pencarian. Dengan demikian, dalam kasus orang hilang, pihak pelapor harus memberikan kesaksian lengkap untuk membantu kepolisian dalam pencarian.

Ia menyebut adanya bantuan informasi dan petunjuk akan sangat membantu walau hanya sedikit.

"Serta peran media juga sangat berpengaruh dalam upaya pencarian," tutupnya.

Apabila ada yang melihat Adi Rinata dapat menghungi nomer 082129975787.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hilang Sejak 8 Hari Lalu Keberadaan ASN Pemkab Pringsewu Misterius, Ini Analisa Sosiolog Kriminal

Artikel ini telah tayang di TribunLampung.co.id dengan judul PNS Pringsewu Hilang saat Pulang Kampung, Sempat Kirim WA ke Istri

https://regional.kompas.com/read/2023/01/13/060600878/hilang-10-hari-keberadaan-asn-pringsewu-masih-misterius-sempat-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke