Salin Artikel

Viral Video Rombongan Pengantar Jenazah Terjang Banjir di Grobogan

Dalam video amatir berdurasi satu menit itu, tampak iring-iringan orangtua dan pemuda berkopiah melangkah hati-hati dengan membawa keranda berbalut kain hijau menyeberangi arus air setinggi perut.

Semula para pembawa jenazah tersebut berjalan di jalan beton yang tak tersentuh banjir. Namun akhirnya harus tetap melewati jalan yang kebanjiran untuk menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat.

Mereka pun berupaya melepas sandal hingga menjinjing sarung. Meski akhirnya tetap basah kuyup juga. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, warga pun sudah membatasi jalan yang kebanjiran tersebut dengan tali dan kayu.

Camat Klambu Rustam Aji menyampaikan aksi membawa jenazah menyusuri genangan banjir tersebut terjadi di Dusun Kayumas, Desa Menawan, Kecamatan Klambu, Grobogan.

Saat itu warga mau tak mau harus membelah arus banjir sepanjang 60 meter menuju pemakaman karena ada warga yang meninggal dunia. Kegiatan itu memang sengaja direkam untuk kepentingan dokumentasi desa.

"Kejadian kemarin siang. Rombongan iring-iringan pengangkut jenazah terpaksa terjang banjir di jalan desa menuju makam di Dusun Kayumas karena akses satu-satunya. Alhamdulillah lancar sampai makam dan langsung dikubur. Untuk makam aman tidak kebanjiran," terang Rustam, Selasa (10/1/2023).

"Baru kali ini jalan menuju makam kebanjiran, biasanya tidak. Ya karena cuaca ekstrem," kata Rustam.

Selain Desa Menawan, ada dua desa lain yang juga kebanjiran yakni Desa Kandangrejo dan Desa Terkesi.

"Di Desa Menawan cuma jalan kampung yang kebanjiran. Lain halnya dua desa lainnya terpantau ada puluhan rumah kebanjiran dengan kedalaman 40 cm," pungkas Rustam.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/10/132915978/viral-video-rombongan-pengantar-jenazah-terjang-banjir-di-grobogan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke