Salin Artikel

Polisi: KKB yang Berulah di Distrik Oksibil dalam 3 Hari Terakhir Lari ke Hutan

JAYAPURA, KOMPAS.com - Situasi keamanan di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, dalam tiga hari terakhir kurang kondusif setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berulah sejak Sabtu (7/1/2023).

Saat itu, KKB mencegat tukang ojek di dekat SMKN 1 Oksibil dan sempat melepaskan tembakan.

Ketika aparat keamanan datang ke lokasi, KKB menembaki mereka hingga menyebabkan tiga personel kepolisian terluka.

Lalu pada Senin (9/1/2023), KKB kembali berulah dengan membakar gedung SMKN 1 Oksibil dan menembaki pesawat kargo yang hendak mendarat di Bandara Oksibil.

Menurut Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Davi Bastomi, pembakaran gedung sekolah dan penembakan itu terjadi hampir bersamaan. Sebab, lokasi SMKN 1 Oksibil bersebelahan dengan landasan terbang Bandara Oksibil.

Lari ke hutan

Menurut Bastomi, KKB sudah melarikan diri dari Oksibil setelah aparat keamanan melakukan patroli dengan kekuatan penuh.

"Tadi saya pimpin langsung patroli dan mereka (KKB) terlihat masuk ke hutan, semoga mereka tidak kembali," kata Bastomi.

Mengenai identitas pelaku, ia menyebut sosok Ananias Atimin yang bertanggung jawab atas tiga kejadian tersebut.

"Indikasinya pelakunya sama, yaitu KKB KODAP XXXV Bintang Timur Kabupaten Pegunungan pimpinan Ananias Atimin. Dia masih di bawah komando Ngalum Kupel," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin.

Bastomi menegaskan, aparat keamanan gabungan terus meningkatkan kesiagaan dan melakukan patroli untuk membuat situasi di Oksibil kembali kondusif.

Diberitakan sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Senin (9/1/2023). KKB membakar gedung sekolah dan menembaki pesawat yang hendak mendarat di Bandara Oksibil.

"Benar, tadi sekitar pukul 10.00 WIT KKB melakukan pembakaran terhadap sekolah SMK Negeri 1 Oksibil," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo melalui pesan singkat, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/09/180810478/polisi-kkb-yang-berulah-di-distrik-oksibil-dalam-3-hari-terakhir-lari-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke