Salin Artikel

Erupsi, Jalur Pendakian Gunung Marapi di Sumbar Ditutup

PADANG, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menutup jalur pendakian Gunung Marapi. Penutupan terhitung mulai hari ini, Sabtu (7/1/2023), hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Ini akibat Gunung Marapi mengalami erupsi hari ini," kata Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono yang dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Ardi menyebutkan, saat erupsi, ada sekitar 40 pendaki yang berada di atas gunung. Mereka naik pada Kamis (5/1/2023) sebanyak 20 orang dan sisanya pada Jumat (6/1/2022).

Menurut Ardi, pendaki tersebut tidak sampai ke kawah karena sudah diingatkan sebelum naik.

"Sekarang posisi mereka sudah turun. Selanjutnya pintu masuk pendakian kita tutup hingga batas belum ditentukan," kata Ardi.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Marapi di Sumatera Barat erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 300 meter di atas puncak pada Sabtu (7/1/2023) sekitar pukul 06.11 WIB.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara," ujar Koordinator Kelompok Gunung Api pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Oktory Prambada yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/1/2023).

Oktory mengatakan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dan durasi lebih kurang 45 detik.

Menurut Oktory, dalam beberapa bulan belakangan, memang terjadi peningkatan aktivitas di dalam perut gunung sehingga menimbulkan erupsi.

"Kendati demikian levelnya masih level II atau waspada," jelas Oktory.

"Ini demi keselamatan warga juga. Jadi mohon dipatuhi rekomendasi itu karena Marapi sekarang berada di level II dan ada aktivitas," kata Oktory.

Oktory memprediksi, adanya peningkatan aktivitas di dalam perut gunung bisa menyebabkan terjadinya erupsi sewaktu-waktu.

"Jadi inilah yang harus diwaspadai warga maupun pengunjung. Radius 3 kilometer dari kawah harus dihindari," kata Oktory.

Hanya berselang sekitar 3 jam, Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali erupsi, Sabtu (7/1/2023).

Erupsi kedua hari ini terjadi pukul 09.44 WIB. Sedangkan erupsi pertama pukul 06.11 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/07/115643978/erupsi-jalur-pendakian-gunung-marapi-di-sumbar-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke