Salin Artikel

Gempa Bumi Guncang Kota Jayapura Lagi, Kali Ini M 3,8, Warga Diimbau Tetap Tenang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mengungkapkan, gempa bumi pada Selasa berkekuatan magnitudo 3,8. Gempa terjadi pada pukul 05.21 WIT.

“Episenter terletak pada koordinat 2.53 LS dan 140. 69 BT atau tepatnya berlokasi di darat jarak 10 Km Timur Laut Kota Jayapura dan memiliki kedalaman 10 kilometer,” jelas Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Menurut Yustus, dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi kali ini merupakan berjenis dangkal.

“Akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura,” tuturnya.

Dia mengatakan, dampak gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak benar atau berita bohong (hoaks),”imbuh Yustus.

Yustus menghimbau masyarakat menghindari dirinya dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan tempat tinggalnya masing-masing cukup menahan gempa sebelum masyarakat kembali ke dalam rumahnya masing-masing,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/03/074514878/gempa-bumi-guncang-kota-jayapura-lagi-kali-ini-m-38-warga-diimbau-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke