Salin Artikel

Longboat Penumpang di Buton Selatan Tenggelam Diterjang Ombak

Kapal longboat tersebut tenggelam saat sedang menunggu penumpang dengan tujuan di pulau terdekat pada Jumat (31/12/2022).  

“Posisi kapal penumpang ini sementara menunggu giliran mengambil penumpang. Namun, tiba-tiba angin kencang sehingga muncul gelombang besar langsung hantam kapal tersebut dan langsung tenggelam,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik  BPBD Buton Selatan, La Ode Risawal, Sabtu (31/12/2022). 

Dalam video yang berdurasi sekitar satu menit tersebut terlihat puluhan warga bersama polisi dan TNI ramai-ramai menarik sebuah kapal yang sudah tenggelam. 

Kapal longboat tersebut ditarik dengan menggunakan tali dari bibir pantai. 

Risawal menjelaskan, puluhan warga bersama anggota Polsek Batauga dan koramil Batauga kemudian ramai-ramai menarik kapal tersebut ke darat. 

“Kapal tersebut rusak berat namun kata yang punya masih bisa diselamatkan masih bisa diselamatkan sehingga bersama masyarakat langsung bentu evakuasi kapal motor tersebut,”  ujarnya. 

Setelah beberapa lama ditarik, kapal tersebut akhirnya berhasil ditarik ke darat. Terlihat beberapa bagian body kapal tersebut mengalami kerusakan akibat diempas ombak. 

Dalam satu minggu belakangan ini, pantai di Kecamatan Batauga terus dilanda cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi.

Pemerintah daerah setempat mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati bila melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/01/075837778/longboat-penumpang-di-buton-selatan-tenggelam-diterjang-ombak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke