Salin Artikel

Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Bahasa Sunda

KOMPAS.com - Tahun Baru 2023 di Indonesia akan dirayakan pada hari Minggu (1/1/2023).

Selain berkumpul bersama keluarga atau kerabat, malam pergantian tahun pun bisa dirayakan dengan berbagai cara, termasuk saling bertukar ucapan 'selamat tahun baru' satu sama lain.

Ucapan tersebut bisa diucapkan secara langsung atau dikirim melalui media sosial maupun aplikasi pesan seperti WhatsApp (WA).

Ucapan selamat Tahun Baru 2023 Bahasa Sunda

Ucapan 'selamat tahun baru' bukan hanya bisa disampaikan dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tetapi juga dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Bagi masyarakat Sunda atau warga Jawa Barat, mengucapkan 'selamat tahun baru' dalam Bahasa Sunda tentu akan menciptakan kesan yang lebih dekat dan unik.

Dilansir dari TribunJabar.id, Sabtu (31/12/2022), berikut ini 17 ucapan selamat Tahun Baru 2023 bahasa Sunda beserta artinya:

1. Salami hiji taun urang ngalakonan aktivitas, ayeuna urang ninggalken taun nu atos dilakonan, mugia taun nu anyar ieu leuwih sae tina taun saacana.

Artinya: Selama satu tahun kita menjalani aktivitas, sekarang kita meninggalkan tahun yang sudah dijalani, semoga tahun yang baru ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

2. Taun nu kamari atos dilewatan ku urang sadayana, ayeuna urang bakal hirup dina taun nu anyar, wilujeng taun anyar 2023.

Artinya: Tahun yang kemarin atau sebelumnya sudah kita lewatkan, sekarang kita akan hidup pada tahun yang lebih baru, selamat tahun baru 2023.

3. Wilujeng taun enggal 2023, mugi taun nu anyar ieu leuwih sae ti tahun saencana.

Artinya: Selamat tahun baru 2023, semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

4. Taun anyar mah rék leuwih getol, nyiar ipekah ambéh téréh boga buku nikah.

Artinya: Tahun baru akan semakin rajin, mencari ipekah agar segera punya buku nikah.

5. Taun anyar hayang kabogoh anyar tapi éra ku nu heubeul, hutang nu taun kamari can kabayar.

Artinya: Tahun baru ingin pacar baru tapi malu sama pacar lama, hutang bekas tahun lalu belum terbayar.

6. Taun 2023 #GantiKabogoh tinu sok nganyenyeri kanu loba duit.

Artinya: Tahun 2023 #GantiPacar dari yang suka menyakiti menjadi yang banyak uang.

7. Gentos taun gentos harepan, tong ngarep-ngarep nu moal beunang diharepkeun. Biting ogé ngarepkeun urang nu geus puguh aya hareupeun.

Artinya: Ganti tahun ganti harepan, jangan mengharap yang tidak bisa diharapkan. Lebih baik harapkan saya yang sudah jelas ada di hadapan.

8. Gentos taun gentos harepan, moal ngarep-ngarep manéh bonganna teu beunang diharepkeun.

Artinya: Ganti tahun ganti harapan, tidak akan mengharapkan kamu sebab tidak bisa diharapkan.

9. Bakal tulus ngagentos kalender téh ayeuna mah. Bosen geus sataun teu diganti-ganti. Wilujeng taun anyar!

Artinya: Sekarang akan ganti kalender. Bosan sudah setahun tidak diganti. Selamat tahun baru!

10. Gentos taun tapi kalakuan goréng teu dirobah, sarua waé jeung gentos baju tapi teu mandi. Ti luar alus, di jero bau haseum.

Artinya: Ganti tahun tapi perilaku buruk tidak diubah, sama saja dengan ganti baju tapi tidak mandi. Dari luar bagus, di dalam bau tidak sedap.

11. Ka babaturan teh ulah kawas kana kalénder. Keur butuh mah unggal poé ditempoan, ari ahir taun kalah dipiceun lain dibawa piknik. Wilujeng taun enggal

Artinya: Teman itu jangan diperlakukan seperti kalender. Sedang butuh dilihat setiap hari, kalau akhir tahun dibuang bukan diajak piknik. Selamat tahun baru

12. Harepan keur taun dua rébu dua tilu cukup hiji, nya éta “sing kacumponan sagala harepan”. Contona hayang naék haji, gera kawin, hayang kabeuli imah, kabeuli mobil, naék pangkat. Wilujeng Taun Anyar 2023

Artinya: Harapan untuk tahu dua ribu dua tiga cukup satu, yaitu “semoga terlaksana segala harapan”. Contohnya, naik haji, segera menikah, dapat membeli rumah, membeli mobil, naik pangkat. Selamat Tahun Baru 2023

13. Mugi-mugi dina taun nu anyar sing leuwih jembar. Wilujeng taun enggal 2023.

Artinya: Mudah-mudahan pada tahun yang baru lebih kaya dan bijaksana. Selamat Tahun Baru 2023

14. Gedé harepan keur taun anyar kudu dibarengan loba kadaék jeung pangabisa ngarah ka hareup hirup leuwih hurip. Wilujeng taun enggal 2023

Artinya: Besarnya harapan untuk tahun baru harus dibarengi kemauan dan keahlian agar di masa mendatang kehidupan lebih hidup. Selamat Tahun Baru 2023

15. Moal aya nu bisa ngahalangan kana datangna taun anyar, kitu deui moal aya nu bisa ngahalangan kana tekad pikeun ngahontal cita-cita. Wilujeng Taun Anyar 2023

Artinya: Tidak akan ada yang bisa menghalangi datangnya taun baru, begitu juga tidak akan ada yang mampu menghalangi tekad untuk menggapai cita-cita. Selamat Tahun Baru 2023!

16. Nyambut genti taun téh lain saukur sukan-sukan, tapi kudu dibarengan ku sukuran. Wilujeng Taun Anyar, mugia tinekanan sagala harepan.

Artinya: Menyambut pergantian tahun bukan sekadar hura-hura, tetapi harus diiringi dengan rasa syukur. Selamat tahun baru, semoga tercapai segala harapan.

17. Nyérélékna waktu téh geus jadi katangtuan. Ti poé ka poé kadé sing leuwih hadé, ti taun ka taun hirup kudu langkung kayungyun. Wilujeng Taun Anyar 2023

Artinya: Melajunya waktu sudah jadi ketentuan. Dari hari ke hari harus semakin baik, dari tahun ke tahun hidup harus semakin bermutu. Selamat Tahun Baru 2023

https://regional.kompas.com/read/2022/12/31/140513878/kumpulan-ucapan-selamat-tahun-baru-2023-bahasa-sunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke