Salin Artikel

PPKM Dicabut, Ganjar Ingatkan Warga Tetap Kontrol Diri dan Waspada

SEMARANG, KOMPAS.com – Setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, Presiden Joko Widodo resmi menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik keputusan pemerintah pusat yang mencabut PPKM.

Namun demikian, ia tetap mendorong kesadaran warga Jateng untuk menjaga kesehatan.

Ganjar menegaskan keputusan itu bukan berarti masyarakat bebas beraktivitas tanpa batas seperti sebelum pandemi Covid -19.

Dua tahun pandemi Covid-19 sepatutnya menjadi pembelajaran dalam menyikapi berakhirnya status PPKM.

Gubernur Jateng dua periode itu mengingatkan masker harus menjadi aksesoris tambahan yang wajib dibawa seperti halnya handphone atau jam tangan.

“Berakhirnya PPKM bukan berarti ‘ah sudah dicabut bebas saja’. Justru saat ini kita harus bisa kontrol diri. Kita sudah terbiasa pakai masker. Masker sekarang ini sudah seperti handphone atau jam tangan,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Untuk menjaga kewaspadaan, Ganjar juga mengimbau agar masyarakat memenuhi vaksin ketiga atau booster. Selain itu setiap individu untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga.

“Maka Insya Allah kalau itu dilakukan berarti masyarakat warga mendukung keputusan pencabutan. Oke dicabut kami bisa aktivitas tapi kami sendiri juga harus menjaga, itu yang penting,” lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan berakhirnya PPKM melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden pada hari ini.

"Dalam beberapa bulan terakhir pandemi Covid-19 semakin terkendali, per 27 Desember 2022, kasus harian 1,7 kasus per 1 juta penduduk," ujar Jokowi dalam siaran tersebut.

"Setelah mengkaji dan mempertimbangkan tersebut, kita mengkaji 10 bulan, lewat pertimbangan-pertimbangan berdasarkan angka-angka yang ada pemerintah memutuskan mencabut PPKM," pungkas Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/30/204852378/ppkm-dicabut-ganjar-ingatkan-warga-tetap-kontrol-diri-dan-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke