Salin Artikel

Hujan Deras dan Angin Kencang Diprediksi Landa Bengkulu Selama 3 Hari

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu menyatakan potensi cuaca Bengkulu dalam kondisi ekstrim yakni  hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Atas kondisi ini, BMKG meminta warga tetap waspada terlebih saat merayakan pergantian tahun baru di kawasan pantai.

"Cuaca untuk tiga hari ke depan masih ekstrim hujan yang disertai angin kencang," ungkap Winda, Jumat (30/12/2022).

Winda menjelaskan, untuk wilayah pesisir Bengkulu, seperti halnya Mukomuko, Bengkulu Selatan, Seluma, Kaur, Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Tinggi gelombang di perairan Bengkulu mencapai 3 meter, sedangkan perairan Enggano ketinggian gelombang 3 hingga 4 meter.

Sementara itu Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah mengingatkan warga Bengkulu untuk waspada pohon tumbang dan air pasang atau banjir dalam beberapa hari ke depan.

"Bagi masyarakat pengguna jalan hati-hati dan waspada pohon tumbang termasuk contoh di liku sembilan, Kabupaten Kepahiang. Bagi masyarakat yang tinggal di tepi sungai waspada air naik karena intensitas curah hujan cukup tinggi," kata Khristian Hermansyah, saat diwawancarai melalui telepon, Kamis (29/12/2022).

Khristian menyebutkan dalam catatannya pohon tumbang kerap terjadi di beberapa wilayah Provinsi Bengkulu sebabkan hilangnya nyawa manusia, kecelakaan, serta pohon menimpa mobil dan motor.


Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk mewaspadai wilayah-wilayah jalan umum yang banyak ditumbuhi pepohonan berukuran besar.

Selanjutnya, untuk wilayah rawan banjir BPBD telah menyiagakan sejumlah posko di titik-titik rawan banjir yang bekerjasama dengan TNI/Polri.

Adapun wilayah rentan banjir di Bengkulu nyaris tersebar di seluruh kabupaten dan kota.

"Kita siaga selama natal dan tahun baru karena berdasarkan info BMKG Bengkulu cuaca dalam kondisi tak bersahabat," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/30/141527678/hujan-deras-dan-angin-kencang-diprediksi-landa-bengkulu-selama-3-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke