Salin Artikel

Pengungsi Rohingya Terdampar di Pidie Aceh Mengaku Pernah Ditolak Malaysia

Namun, upaya mereka mencari suaka di Malaysia mendapat penolakan.

"Mereka memang merupakan bagian dari rombongan yang sudah 35 hari terkatung-katung di lautan dan pernah ditolak mendarat di Malaysia dan akhirnya mendarat di Pidie," kata Kepala Kepolisian Sektor Muara Tiga Ipda Fauzi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/12/2022).

Hal itu diketahui berdasarkan kesaksian salah satu pengungsi Rohingya bernama Muhammad Taher.

Berdasarkan keterangan Taher, sebelum mendarat di Pidie, ada 20 orang dari rombongan pengungsi itu yang meninggal dunia dalam perjalanan.  Jenazahnya dilarung ke laut oleh pengungsi lain. 

Sedangkan 174 pengungsi yang tiba di Pidie dalam keadaan lemas. Sebanyak 34 orang di antaranya sampai harus diinfus karena mengalami dehidrasi.

Keuchik Gampong Ujong Pie M Risyad mengatakan, warga Rohingya yang terdampar rata-rata sudah tidak makan selama sepekan.

"Umumnya mereka mengalami dehidrasi serta kondisi fisik yang sangat lemah sehingga harus mendapatkan penanganan secara medis berupa infus dan pemberian obat-obatan serta harus disuapi nasi oleh warga," kata Risyad kepada Serambinews, Selasa (27/12/2022).

Sebanyak 174 orang itu terdampar di Ujong Pie pada Senin (26/12/2022) sekitar 17.30 WIB.

Saat ini, sejumlah pengungsi tersebut direlokasi sementara ke kompleks SMPN 2 Muara Tiga.

"Jadi ada kesepakatan bersama imigran Rohingya direlokasi ke lokasi yang lebih nyaman, yaitu ke Kompleks SMP 2 Muara Tiga," sebut Risyad.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh Kombes Winardy mengatakan, imigran Rohingya yang mendarat di Pidie terdiri dari 36 laki-laki dewasa, 31 wanita dewasa, dan 107 anak-anak.

Polisi sedang melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait lintas sektoral untuk mengatasi masalah ini.

"Perlu segera adanya koordinasi lintas sektoral untuk menyelesaikan masalah Rohingya ini, mengingat pendaratan mereka di Aceh makin sering," kata Winardy.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/27/144553278/pengungsi-rohingya-terdampar-di-pidie-aceh-mengaku-pernah-ditolak-malaysia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke