Salin Artikel

Terjaring Ganjil Genap, Ribuan Kendaraan yang Menuju Puncak Bogor Diminta Putar Balik

Dari hasil pemeriksaan, kurang lebih 2.000 kendaraan diputar balik karena pelat nomor tidak sesuai dengan aturan ganjil genap.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, jumlah kendaraan yang terjaring ganjil genap itu merupakan gabungan dari mobil dan motor.

"Sampai hari ini itu cukup banyak yang kita putar balik, ada sekitar kurang lebih ada 2.000 sekian," kata Dicky di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu.

Pemeriksaan ganjil genap berdasarkan pelat nomor kendaraan itu dilakukan di ruas-ruas jalan yang mengarah ke Puncak Bogor.

Peraturan ganjil genap di kawasan Puncak itu diberlakukan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Ganjil genap ini berlaku untuk seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, aturan pembatasan pelat nomor ganjil genap ini dilakukan di tiga titik, termasuk jalur alternatif.

Tujuannya, membagi arus masuk agar tidak terjadi bootle neck atau penyempitan jalan yang kerap terjadi di sejumlah titik seperti di Pasir Muncang, Pasir Angin Megamendung, Pasar Cisarua, hingga Simpang Taman Safari.

"Artinya yang kita ingin capai di sini, ada pengembalian kapasitas jalan. Diharapkan kapasitas jalan yang ada dapat memadai sehingga bisa lebih lancar," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/24/203144478/terjaring-ganjil-genap-ribuan-kendaraan-yang-menuju-puncak-bogor-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke