Salin Artikel

Cek Gereja di Solo Jelang Natal, Gibran: Ada Sterilisasi Sebelum Hari H

Ada enam gereja baik prioritas satu maupun dua yang dicek putra sulung Presiden Jokowi bersama Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, Wakapolresta Solo AKBP Gatot Yulianto, Dandim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Devy Kristiono dan pejabat terkait.

Pengecekan dimulai dari GKI Sangkrah, GBI Gading, GKI Danukusman, GBIS Keratonan, Gereja GKJ Joyoningrat, dan Gereja GKJ Coyudan.

Gibran menjamin keamanan para jemaat yang akan melaksanakan ibadah perayaan Natal di Solo.

"Pokoknya tanggal 23, 24 Desember, malam kebaktian, malam tahun baru yang juga ada ibadah pokoknya sudah diamankan TNI/Polri. Ada sterilisasi sebelum hari H. Yang penting kita amankan untuk Natal dan tahun baru di Solo, terutama di GKI Sangkrah ini," kata Gibran seusai mengecek GKI Sangkrah Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/12/2022).

Ayah Jan Ethes Srinarendra menambahkan sudah tidak ada pembatasan jumlah jemaat yang ingin melaksanakan ibadah Natal. Meski demikian, suami Selvi Ananda menyarankan para jemaat yang melaksanakan ibadah Natal tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker.

"Sesuai SE kemarin, monggo, silakan sudah tidak ada pembatasan lagi ya. Tapi tetap saya sarankan meskipun ibadahnya sudah 100 persen kapasitas ya tetap kalau bisa pakai masker," ungkap dia.

Selama pengamanan itu, ratusan gereja itu terbagi menjadi tiga kategori prioritas. Rencananya akan diterjunkan 1.018 personel gabungan dari unsur Kepolisian, TNI, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. 

Pengamanan ini akan mulai dioptimalkan, Kamis (22/12/2022).

"Untuk gereja di prioritas 1 akan ditempatkan masing-masing 24 sampai 26 personel. Tentu nanti treatment berbeda-beda ya. Namun tetap tiap penjagaan gereja tidak mungkin kita tempatkan satu personel. Tingkat kewaspadaan tetap kita kedepankan. Kemudian setiap misa akan dilaksanakan sterilisasi," kata Iwan.

Dia mengatakan hasil rakor wilayah, terdata ada 267 gereja yang akan menggelar ibadah natal. Adapun rinciannya, 16 gereja masuk prioritas satu, 43 gereja masuk kategori prioritas dua, dan 208 gereja masuk prioritas tiga.

"Personel ini termasuk untuk pengamanan tahun baru. Untuk teknis tahun baru, kami masih menunggu kepastian dari Pemkot untuk konsep CFN (Car Free Night) nya seperti apa. Yang jelas kita siap mengamankan," tegas Iwan.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/21/100342878/cek-gereja-di-solo-jelang-natal-gibran-ada-sterilisasi-sebelum-hari-h

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke