Salin Artikel

Ratusan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Air merendam permukiman warga dengan ketinggian mencapai sekitar 70 hingga 100 sentimeter.

Sejumlah petugas BPBD Kabupaten Cirebon, TNI dan Polri, berusaha membantu para korban terdampak banjir di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon pada Selasa malam.

Mereka mendatangi rumah-rumah warga untuk menawarkan evakuasi dan pengungsian ke balaidesa setempat.

Siti (46), warga Blok Kauman, Desa Gamel, Kecamatan Plered, menyebut, banjir ini didahului hujan deras yang turun sejak sekitar pukul 13.00 WIB. Hujan berlangsung cukup lama hingga sekitar pukul 17.00 WIB.

“Hujannya lama mas. Ada empat jam, dari jam satu siang sampai lima sore. Nah air mulai masuk rumah saya jam 3 sore. Banjir sangat cepat tingginya. Saya tidak sempat merapihkan perabot sampai banyak yang basah,” kata Siti saat ditemui Kompas.com.

Hingga Selasa pukul 21.00 WIB, pantauan Kompas.com, air masih merendam bagian dalam rumah Siti sekitar 30 sentimeter. Sejumlah perabot milik Siti, antara lain: kursi, kasur, meja, lemari pakaian, basah.

Faozan, Petugas BPBD Kabupaten Cirebon, menyampaikan hujan deras yang terjadi di Kabupaten Cirebon pada Selasa (20/12/2022) berlangsung secara merata di beberapa daerah. Hujan dengan intesitas cukup lebat membuat lima desa di tiga kecamatan, mengalami banjir.


Beberapa desa tersebut antara lain: Desa Gamel dan Sarabau di Kecamatan Plered, Desa Kebarepan dan Bodesari di Kecamatan Plumbon, serta Desa Kalitengah di Kecamatan Tengah Tani.

Selain karena hujan deras, debit air juga meningkat yang diprediksi berasal dari bagian hulu.

Air yang sangat deras masuk sungai yang berukuran kecil dan sedang. Akhirnya sungai tak dapat menampung dan air limpas atau meluap masuk ke pemukiman warga. Ratusan rumah warga terendam.

“Air masuk wilayah Desa Gamel dan Sarabau sekitar pukul 15.30 WIB. Penyebabnya, debit air sangat besar sehingga air yang masuk Sungai Cikenanga tidak bisa tertampung. Akhirnya meluap. Perkiraan di desa Gamel ada 100 – 150 rumah warga terdampak,” kata Faozan ditemui di lokasi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/21/065625578/ratusan-rumah-di-kabupaten-cirebon-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke