Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Otak Pembunuhan Pegawai Dishub Makassar Meninggal Dunia | Kronologi Tewasnya Peserta Tarik Tambang IKA Unhas

KOMPAS.com - Dua kabar dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyita banyak perhatian pembaca Kompas.com, pada Minggu (18/12/2022).

Pertama, soal Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Makassar, Iqbal Asnan, yang dikabarkan meninggal dunia, pada Minggu (18/12/2022) subuh.

Iqbal merupakan salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana terhadap pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Najamuddin Sewang, yang tewas tertembak beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, tentang kronologi tewasnya peserta lomba tarik tambang yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Lomba yang melibatkan 5.000 orang peserta itu digagas untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Panitia menekankan, tak ada unsur kesengajaan dalam insiden tersebut. Kronologi bermula ketika sekelompok ibu-ibu, termasuk korban, berswafoto atau selfie sambil memegang tali tambang.

Informasi seputar insiden ini pun mendapat atensi yang tinggi dari masyarakat. Terbukti, tiga dari lima artikel Populer Nusantara selama Minggu (18/12/2022) membahas soal peristiwa tersebut.

Berikut ini 5 artikel Populer Nusantara selengkapnya:

1. Otak Pembunuhan Pegawai Dishub Meninggal Dunia

Mantan Kasatpol PP Makassar, Iqbal Asnan, dengan menggunakan kursi roda dan mengenakan sarung menghadiri sidang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar dengan agenda dakwaan, pada Rabu (31/8/2022).

Dia bersama tiga terdakwa lainnya terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan secara berencana terhadap pegawai Dishub, Najamuddin Sewang, yang tewas tertembak beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, Minggu (18/12/2022) subuh, Iqbal dikabarkan meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya.

“Meninggal di RS Bhayangkara, karena sakit. Saya tidak tahu persis sejak kapan (Iqbal) masuk rumah sakit," kata Kepala Bagian Protokol Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Muh Zuhur Dg Ranca.

Baca selengkapnya: Mantan Kasatpol PP Makassar yang Jadi Otak Pembunuhan Pegawai Dishub Meninggal Dunia

Lomba tarik tambang yang diselenggarakan oleh IKA Unhas Makassar yang untuk memecahkan rekor MURI berubah menjadi petaka.

Lomba yang digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, pada Minggu (18/12/2022) pukul 06.00 Wita itu menelan satu korban jiwa dan empat orang luka-luka.

Panitia IKA Unhas Sulsel, Mursalin menjelaskan, tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden tersebut.

Menurutnya, korban atas nama Masyita tiba-tiba tertarik saat sedang melakukan selfie bersama orang-orang di sekitarnya sambil memegang tali tambang.

"Dia main selfie ibu-ibu ini. Pegang-pegang tali sambil selfie jadi seakan-akan dia pegangan tali begitu. Tiba-tiba tertarik. Jadi tidak ada unsur kesengajaan," kata Mursalin dikutip dari TribunTimur.com.

Baca selengkapnya: Kronologi Tewasnya Peserta Tarik Tambang IKA Unhas, Panita Sebut Berawal dari Selfie

Masjid Baitul Mu'min di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), meraih peringkat pertama dalam kategori masjid sehat dan bersih dalam ajang Masjid Award 2022 yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Jatim.

Takmir Masjid Baitul Mu'min, Chakim Amrullah mengatakan, pembangunan Masjid tersebut dimulai pada Agustus 2020 dan diresmikan pada 8 Mei 2021.

Dia mengungkapkan, Masjid Baitul Mu'min berdiri di atas lahan bekas tempat penyimpanan barang bukti penegakan hukum.

"Awalnya itu gudang penyimpanan barang bukti yang kotor dan kurang terawat, kemudian tahun 2020 lalu dijadikan bangunan masjid." kata Chakim.

Kini, bangunan masjid yang terdiri dari dua lantai dengan arsitektur bernuansa timur tengah itu mampu menampung sekitar 700 hingga 800 jemaah.

Baca selengkapnya: Melihat Masjid Terbersih di Jawa Timur, Berdiri di Bekas Lahan Penyimpanan Barang Bukti

Selain menelan satu korban jiwa, lomba tarik tambang yang diselenggarakan oleh IKA Unhas juga membuat empat orang mengalami luka-luka.

"Satu orang yang meninggal, empat orang peserta lainnya luka-luka dan sudah dirawat di rumah sakit," ujar Wakil Ketua Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel, Rahmansyah.

Diketahui, lomba yang diikuti 5.000 peserta gabungan alumni Unhas dan warga itu digelar untuk memecahkan rekor MURI.

Mereka dibagi menjadi dua tim, yakni Tim A dan Tim B dengan masing-masing tim terdiri dari 2.500 orang.

Baca selengkapnya: Selain 1 Orang Tewas, 4 Peserta Lomba Tarik Tambang IKA Unhas Luka-luka

Korban yang meninggal dunia dalam lomba tarik tambang yang digagas IKA Unhas mengalami luka serius pada bagian kepala lantaran terbentur pembatas jalan yang terbuat dari beton.

"Satu orang yang meninggal, bukan dua orang. Sementara saya melayat di rumah duka," ucap Rahmansyah.

Baca selengkapnya: Seorang Peserta Lomba Tarik Tambang IKA UNHAS Makassar Tewas, Kepalanya Terbentur Pembatas Jalan

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto, Kontributor Tuban, Hamim | Editor: Dita Angga Rusiana, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/19/050100478/-populer-nusantara-otak-pembunuhan-pegawai-dishub-makassar-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke