Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Lokasi Rumah untuk Jokowi Setelah Tak Jadi Presiden | Jawaban Gibran Soal Jokowi Dapat Rumah dari Negara

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapatkan rumah dari negara usai masa jabatannya pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan/atau Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ikut berkomentar terkait pemberian rumah dari negara untuk Presiden Jokowi.

Gibran mengaku belum mengetahui akan ada rumah yang diberikan dan menyebut bahwa Jokowi memiliki rumah sendiri di Kota Solo.

Dua artikel berita di atas menjadi perhatian pembaca Kompas.com, serta beberapa sajian berita lainnya yang dirangkum dalam lima berita Populer Nusantara, Jumat
(16/12/2022) sebagai berikut:

1. Lokasi rumah Jokowi setelah pensiun jadi Presiden

Bupati Karanganyar Juliyatmono menyebut bahwa Jokowi telah memutuskan rumah yang akan diterima setelah tak menjabat sebagai presiden.

"Setiap presiden mengakhiri tugas mendapat hadiah dari negara berupa rumah," katanya, dikutip dari Tribunsolo.com.

Dia mengatakan rumah tersebut berada di kawasan Kabupaten Karanganyar. "Rumah yang diambil Pak Jokowi, (ada) di Karanganyar, Colomadu," ucap Juliyatmono.

2. Gibran sebut Jokowi punya rumah sendiri

Gibran mengatakan, Presiden Jokowi sudah memiliki rumah sendiri di Kota Solo, soal pemberian rumah dari negara yang berlokasi di Colomadu.

"Oh, belum (dengar). Wes duwe omah dewe neng Sumber (sudah punya rumah sendiri di Sumber)," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (16/12/2022).

3. Lokasi rumah Jokowi di Colomadu

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan bahwa rumah yang disediakan oleh negara untuk Presiden Joko Widodo setelah tidak lagi memegang jabatan itu berlokasi di Colomadu, Karanganyar.

"Rumah yang diambil Pak Jokowi, (ada) di Karanganyar, Colomadu," ucap Juliyatmono, seperti dilansir Tribunsolo.com, Jumat (16/12/2022).

Jokowi dipastikan akan mendapatkan rumah dari negara setelah selesai masa jabatannya pada tahun 2024.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, pemberian rumah dari negara juga pernah diterima Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY mendapatkan rumah baru yang diberikan oleh pemerintah atas nama negara di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan.

4. Korban Doni Salmanan tak terima vonis hakim

Sidang putusan kasus dugaan penipuan yang dilakukan Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kamis (15/12/2022) berakhir ricuh.

Sejumlah korban yang hadir mengamuk karena tidak terima dengan vonis empat tahun penjara dan denda Rp 10 miliar dari hakim.

Selain hukuman yang dianggap terlampau ringan, mereka juga tidak terima dengan putusan tidak adanya kewajiban untuk mengganti kerugian para korban akibat aplikasi opsi binari Quotex.

Kericuhan mulai terjadi setelah hakim mengetuk palu tanda putusan sudah dijatuhkan.

Korban Quotex yang ada di ruang sidang mulai melemparkan kantung plastik, jaket, hingga tas ke arah hakim. Beberapa di antara mereka sampai terlihat coba berlari ke arah tempat para hakim duduk.

Namun, upaya beberapa orang itu dihalangi petugas keamanan Pengadilan Negeri Bale Bandung dan polisi yang berjaga.

5. Bupati Lebak minta umat Nasrani Natalan di Rangkasbitung

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menanggapi permintaan izin warga umat Nasrani di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang akan menggelar ibadah Natal di Eco Club Citra Maja Raya pada 18 dan 25 Desember.

Bupati Iti meminta umat Nasrani untuk beribadah Natal di Rangkasbitung saat kegiatan ibadah Natal bersama.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat rapat koordinasi persiapan Natal dan Tahun Baru di Aula Multatuli, di Rangkasbitung, Rabu (14/12/2022).

"Di Rangkasbitung ada Natal bersama 27 Desember, gabungan umat Nasrani dan saya akan datang," katanya dalam rapat koordinasi persiapan Natal dan Tahun Baru di Aula Multatuli, di Rangkasbitung, Rabu (14/12/2022).

Sumber: Kompas.com (Kontributor Bandung, M. Elgana Mubarokah | Editor Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus, Teuku Muhammad Valdy Arief, Michael Hangga Wismabrata)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/17/060000478/-populer-nusantara-lokasi-rumah-untuk-jokowi-setelah-tak-jadi-presiden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke