Salin Artikel

Pengungsi Rohingya yang Kabur dari Penampungan Disebut Ingin Pergi ke Luar Indonesia

Associate External Relations UNHCR Mitra Salima mengatakan, pengungsi itu kabur untuk bergabung dengan keluarganya yang ada di lokasi lain.

Sejumlah orang yang kabur, kata Mitra, mungkin sudah bertahun-tahun tidak berjumpa sanak keluarganya sehingga dorongan untuk melanjutkan perjalanan sangat besar.

“Sementara saat ini mereka tidak memiliki opsi menempuh perjalanan yang legal dan resmi untuk bersatu kembali dengan keluarga yang berada di luar Indonesia,” kata Mitra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/12/2022).

UNHCR disebut sudah memperingatkan para pengungsi Rohingya untuk tidak melarikan diri dari lokasi penampungan sementara.

Risiko yang bakal dihadapi saat pergi dari Indonesia lewat jalur ilegal juga telah dipaparkan.

Sebagai informasi, 23 pengungsi Rohingya kabur dari lokasi penampungannya di Lhokseumawe pada Rabu (14/12/2022).

Mereka merupakan bagian dari 229 etnis minoritas Myanmar yang terdampar di Aceh Utara pada November 2022.

Dalam catatan Kompas.com, sepanjang lima tahun terakhir, praktik kabur dari lokasi penampungan kerap dilakukan oleh warga Rohingya yang mendarat di Aceh.

Umumnya mereka kabur ke Malaysia.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul UNHCR Benarkan Puluhan Pengungsi Rohingya Tinggalkan Lokasi Penampungan.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/16/222409178/pengungsi-rohingya-yang-kabur-dari-penampungan-disebut-ingin-pergi-ke-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke