Salin Artikel

Gibran soal Bocoran Jokowi Pilih Rumah di Colomadu Usai Tak Jabat Presiden: Apa Iya?

Kepada TribunSolo.com Jumat (16/12/2022), Gibran yang juga wali kota Solo tersebut mengaku belum mendengarnya.

"Belum. Opo iyo? (apa iya)," tanya ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah itu.

Gibran mengatakan, Jokowi sudah mempunyai kediaman pribadi di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo sebelum menjadi Presiden RI.

"Wis nduwe omah dhewe ning Sumber (udah punya rumah di Sumber)," tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono membocorkan Jokowi sudah mendapatkan tanah di Colomadu untuk dibangun rumah setelah dirinya "pensiun".

Pemberian rumah bagi presiden diatur di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan/atau Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Saat dikonfirmasi di mana lokasi tepatnya, Camat Colomadu Sriyono Budi Santoso berujar calon hunian tersebut berada di perbatasan antara Desa Gajahan dan Desa Blulukan.

"Itu masuknya perbatasan di Desa Gajahan dan Desa Blulukan, tapi masuknya ke Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar," kata Sriyono.

Sriyono menuturkan, luas lahan yang akan diberikan kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu seluas 2.000-3.000 meter persegi. "Masih lahan kosong, belum berbentuk rumah," ucap Sriyono.

Juliyatmono sendiri menjelaskan, lahan itu milik perorangan, dan sudah melewati proses jual beli dan sudah muncul nilai BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan).

"Nilai sudah masuk kas daerah serta peruntukannya saya tidak tahu," ungkap Juliyatmono.

"Nilai yang ada nilai transaksi diatur ketentuan yang ada," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Kata Gibran Soal Bocoran Jokowi Pilih Rumah di Colomadu Usai Tak Menjabat Presiden RI : Apa Iya?

https://regional.kompas.com/read/2022/12/16/151731478/gibran-soal-bocoran-jokowi-pilih-rumah-di-colomadu-usai-tak-jabat-presiden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke