Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Kasus Lahan Warga Samarinda Diserobot Tambang Ilegal | Imbauan BPBD Banjir Lahar Gunung Semeru

KOMPAS.com - Sudah setahun laporan warga Samarinda bernama Dinda (32) terkait lahannya yang diserobot penambang batu bara secara ilegal belum menemukan hasil.

Laporan kasus penyerobotan lahan di Dusun Rejo Sari, Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Sebrang, Kutai Kartanegara.

Selain itu, berita terkait hujan deras di kawasan puncak Gunung Semeru membuat jalur Besuk Kobokan dan Besuk Lanang kembali diterjang banjir lahar, Rabu (14/12/2022).

Dua artikel berita di atas menjadi perhatian pembaca Kompas.com, serta beberapa sajian berita lainnya yang dirangkum dalam lima berita Populer Nusantara, Kamis
(15/12/2022) sebagai berikut:

Dinda (32), warga Samarinda sudah melaporkan kasus penambangan batu bara secara ilegal di atas lahan miliknya ke Polres Kutai Kartanegara, pada 30 November 2021.

Dinda pun sempat dipanggil untuk memberikan keterangan pada April 2022 atau lima bulan setelah laporan masuk.

"Setelah itu, enggak ada lagi sampai sekarang. Sejauh mana progres laporan, kami pun enggak diberitahu," ungkap Dinda saat dihubungi, Kamis (15/12/2022).

Untuk itu, dalam waktu dekat, Dinda berencana melaporkan lagi kasusnya itu ke Polda Kaltim dan berharap polisi bisa menindaklanjuti guna ada kepastian hukum baginya.

Keluarga Dinda merasa dirugikan. Selain diserobot, lahan yang ditambang itu kini ditinggal pergi oknum penambang dengan kondisi berlubang bekas galian dan lahan rusak.

“Sudah setahun saya memperjuangkan hak, tapi sampai saat ini belum ada kejelasan," keluh Dinda sambil berharap laporan kali ini bisa berproses sampai tuntas.

2. Imbauan BPBD terkait banjir lahar Gunung Semeru

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengimbau masyarakat di sekitar Besuk Kobokan dan Besuk Lanang untuk waspada dan menjaga jarak aman sejauh 13 kilometer dari puncak gunung.

"Sementara, banjir lahar masih ada di jalurnya, tapi masyarakat diminta tetap waspada, khawatir nanti malam masih hujan sehingga memungkinkan terjadi perluasan luberan banjir," katanya, Rabu.

Berdasarkan pantauan sementara pada Rabu malam, belum ada laporan korban jiwa ataupun dampak lain yang ditimbulkan.

Sesuai rekaman seismograf di Pos Pantau Gunung Api Semeru, banjir datang mulai pukul 16.41 WIB dengan amplitudo maksimal 25 mm.

Selain banjir lahar, juga terpantau adanya letusan sekunder dari titik-titik endapan sisa awan panas guguran (APG) yang mengeluarkan asap putih.

Letusan sekunder terjadi karena endapan lava bekas erupsi di lereng gunung sepanjang Besuk Kobokan meletus. Biasanya, hal ini dipicu oleh adanya air yang mengenai endapan panas itu.

3. Wakil Wali Kota Darwin Australia akan Pulang Kampung

Wakil Wali Kota Darwin, Australia, Amye Un akan berkunjung ke kampung halamannya di Amanatun, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

"Perempuan Amanatun penerobos batas akan pulang kampung pada tanggal 20 Desember 2022," kata Amye saat menghubungi Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Perjalanan Amye ke kampung halamannya di pedalaman NTT dimulai dengan penerbangan dari Darwin menuju Dili, ibu kota Timor Leste.

Ia terpaksa transit di Timor Leste karena penerbangan dari Darwin menuju Denpasar pada 20 Desember 2022 sudah penuh.

Dari Timor Leste, Amye akan menempuh perjalanan darat menuju Atambua, ibu Kota Kabupaten Belu, NTT. Amye akan disambut keluarga, kerabat, dan warga lainnya di Atambua.

4. Ditemukan 403.200 pisau cukur palsu dari China

Bea Cukai Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menemukan 350 karton pisau cukur palsu merek Getlitey yang diimpor oleh perusahaan berinisial MKA dari China.

Kepala Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin mengatakan, 350 karton tersebut berisi 403.200 pisau cukur yang ditemukan pada Selasa (29/11/2022).

"Ini dikirim dari perusahaan China," jelasnya saat ditemui di tempat penimbunan Bea Cukai Tanjung Emas Semarang, Kamis (15/12/2022).

Menurut hasil pemeriksaan yang dilakukan Bea Cukai Tanjung Emas Semarang, pisau cukur tersebut diduga melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) 3DIMENSI BLUE II tanpa kemasan milik PT Procter dan Gamble Home Products Indonesia.

"Terhadap temuan tersebut ditindaklanjuti oleh Bea Cukai Tanjung Emas dengan melakukan penegahan dan memberikan notifikasi kepada right holder, yaitu PT Procter dan Gamble Home Products Indonesia," ujarnya.

5. Anggota TNI AU diduga aniaya lansia

Seorang oknum prajurit TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Atang Sendjaja (ATS) Bogor yang diduga melakukan tindak kekerasan terhadap lansia sudah diamankan dan diserahkan ke pusat.

Kepala Penerangan Lanud Atang Sendjaja (ATS) Bogor Letkol Adam mengatakan, oknum berpangkat prajurit satu (pratu) berinisial SH langsung diamankan dan diperiksa setelah diduga memukul pria lanjut usia.

"Sudah diproses awal (di ATS)," kata Adam saat dihubungi, Rabu (14/12/2022).

Kini, SH diserahkan ke Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau) Halim Perdanakusuma, Jakarta, usai diamankan dan dilakukan pemeriksaan perkara tindak kekerasan tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Samarinda, Zakarias Demon Daton, Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere, Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf, Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor Ardi Priyatno Utomo, Michael Hangga Wismabrata, Dheri Agriesta, Dita Angga Rusiana, Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/16/060000678/-populer-nusantara-kasus-lahan-warga-samarinda-diserobot-tambang-ilegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke