Salin Artikel

Aksi Ibu-ibu Asal Kupang Tarik Truk yang Terperosok di Jembatan Pakai Tambang

Dalam video berdurasi 36 detik yang diperoleh Kompas.com, terlihat belasan IRT dan beberapa remaja, menarik truk menggunakan tali tambang.

Sejumlah pria, berada persis di sisi ban depan sebelah kanan, sambil mengganjal ban. Dengan sekuat tenaga, truk itu ditarik. Beberapa IRT tampak tertawa sambil memegang tali.

Salah satu warga Desa Honuk yang berada di lokasi kejadian, Siska Nainel (26) mengatakan, truk itu tersangkut di Jembatan Nunsono, Desa Afoan Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

"Kejadiannya Selasa (13/12/2022) sore. Mobil truk ini berhasil ditarik ibu-ibu ini sekitar 20 menit lamanya," ujar Siska, kepada sejumlah wartawan, Rabu (14/12/2022).

Siska menambahkan, truk itu memuat ibu-ibu yang berjualan pinang di Pasar Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, menuju Desa Honuk.

Perjalanan itu, kata Siska, awalnya berjalan lancar. Namun, truk terperosok saat tiba di Jembatan Nunsono.

"Awalnya aman-aman saja, tapi pas kami sampai jembatan, ban truk jatuh dari rel dan truk tidak bisa lewat makanya kami bantu tarik pakai tali," ungkap Siska.

Mobil hingga motor kesulitan melintas karena banyak papan yang patah dan bolong.

"Biasanya kalau sampai di jembatan ini, kami penumpang diminta untuk turun dan menyeberang sendiri," ungkap dia.


Hal itu, untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

"Tapi kami bersyukur, kemarin semuanya bisa berjalan dengan lancar," kata dia.

Penumpang truk, Nelci Manoh menyebut, jembatan itu dibangun sekitar 1990. Seiring berjalan waktu, jembatan itu pun rusak sehingga diperbaiki secara darurat menggunakan kayu.

Ia berharapan pemerintah setempat bisa memperbaiki jembatan itu. Apalagi, jembatan itu sering dilintasi warga yang berjualan ke pasar karena tak ada jalan alternatif.

"Walaupun berisiko tinggi, tetapi kami tetap melintas. Mau bagaimana lagi. Kami harap, ini bisa diperhatikan pemerintah," kata Nelci.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/15/063540478/aksi-ibu-ibu-asal-kupang-tarik-truk-yang-terperosok-di-jembatan-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke