Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Pendukung Argentina "Birukan" Kota Ambon | Wali Kota Blitar Sempat Ditendang Saat Disekap Perampok

KOMPAS.com - Ribuan pendukung timnas Argentina merayakan kemenangan tim Tango atas tim Krosia di jalan-jalan Kota Ambon, Maluku, Rabu (14/12/2022).

Usai kemenangan itu, ribuan pendukung fanatik di Ambon langsung turun ke jalan.

Selain itu, Wali Kota Blitar Santoso sempat mengalami penganiayaan oleh komplotan perampok yang menyatroni rumah dinasnya pada Senin, (12/12/2022) dini hari.

Santoso beberapa kali ditendang oleh pelaku yang menggunakan sepatu boots untuk dipaksa menunjukkan tempat penyimpanan uang miliknya.

Dua artikel berita di atas menjadi perhatian pembaca Kompas.com, serta beberapa sajian berita lainnya yang dirangkum dalam lima berita Populer Nusantara, Rabu
(14/12/2022) sebagai berikut:

1. Pendukung Argentina tumpah ruah di Kota Ambon

Seperti biasa, mereka turun ke jalan dan berkonvoi dengan mengenakan atribut timnas Argentina dan bendera negara tersebut.

Pantauan Kompas.com, ribuan pendukung timnas Argentina ini meluapkan kegembiraan sambil berkonvoi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga ke kawasan Jembatan Merah Putih.

Sebagian pendukung lainnya juga menggelar konvoi di Jalan Sultan Hasanudin dan sejumlah kawasan lainnya di Ambon, untuk merayakan kemenangan tim Tango atas timnas Kroasia, Rabu (14/12/2022).

Mereka berkonvoi sambil membunyikan klakson dan meneriakan yel kemenangan timnas Argentina.

Para pendukung lainnya juga ikut membunyikan trompet dan membakar mercon di jalan. Selain berkonvoi di jalan, ribuan warga lainnya juga keluar ke jalan-jalan untuk merayakan kemenangan tersebut.

Sejumlah fans timnas Argentina yang terlihat begitu emosional dengan kemenangan tim Tango sampai ada yang menangis dan histeris di jalan.

"Argentina akan keluar sebagai juara," teriak sejumlah fans tim Tango di tengah ribuan orang.

2. Wali Kota Blitar sempat ditendang komplotan perampok

Wali Kota Blitar Santoso saat itu dipaksa menunjukkan tempat penyimpanan uang dan barang berharga.

Namun dia mengalami penganiayaan dengan ditendang oleh para perampok yang menyatroni rumah dinasnya, pada Senin (12/12/2022) dini hari.

Santoso beberapa kali ditendang degan sepatu boots, bahkan, kawanan perampok itu juga mengancam akan menelanjangi Feti, istrinya.

“Waktu itu sempat dia ngomong, kalau tidak segera menunjukkan, istri saya mau ditelanjangi. Dia ngancam seperti itu,” ujar Santoso di rumah dinasnya, Selasa.

Santoso mengaku sempat bertahan untuk tidak menunjukkan tempat dirinya menyimpan uang dan barang berharga.

Namun, akhirnya dia menunjukkan sebuah tas yang dia letakkan di lemari tempat dia menyimpan sejumlah uang. Dia mengaku terpaksa melakukan itu karena memikirkan keselamatan sang istri.

“Saya berpikir, bagaimana keselamatan istri saya kalau sampai dia melakukan hal-hal yang tidak baik. Kan kasihan nanti,” tambahnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi perhatian karena mengenakan kaus bergambar penyanyi dangdut Inul Daratista dan suaminya, Adam Suseno.

Gibran mengenakannya saat hendak dipakaikan beskap di acara pernikahan adik bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Gibran pun menjadi perbincangan warganet lantaran mengenakan kaus bertuliskan 'Inul dan Adam Couple Goals'.

Suami Selvi Ananda itu juga mengaku pengguna kaus nyentrik itu karena ia merupakan pendukung atau fans dari Inul dan Adam.

"Aku jadi tim suksesnya Mbak Inul. Inul dan Adam, itu ya harus satu paket," ujar Gibran Rakabuming Raka saat di Balai Kota Solo, Rabu (14/12/2022).

4. Sumba Timur diguncang gempa M 4,8

Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (14/12/2022) pukul 06.09 Wita.

"Episenter gempa ini terletak pada koordinat 9,44 derajat lintang selatan dan 120,47 derajat bujur timur," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Gempa tersebut berlokasi di laut pada jarak 33 kilometer timur laut Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, dengan kedalaman 59 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Margiono menyebutkan, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisa mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," katanya.

5. Gibran sebut "skincare" istrinya minyak tawon

Kocaknya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka, saat mengungkapkan perawatan kulit atau skincare istrinya Selvi Ananda.

Seperti diketahui, Selvi Ananda saat penikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, menjadi sorotan lantaran ibu dua anak itu terlihat cantik dan anggun.

Bahkan, banyak dari netizen penasaran dengan merek skincare yang dipakai Ibu dari Jan Ethes Srinarenda itu.

Seperti halnya, akun media sosial Twitter @yipipipiw, yang bertanya langsung dengan Gibran Rakabuming Raka, pada akun @gibran_tweet

"Mas Wali, spill skincare mbak selvi doong," tulis akun @yipipipiw

Pertanyaan ini, langsung dibalas oleh Gibran Rakabuming Raka, dengan singkat dan mengundang netizen berkomentar tak percaya dengan jawaban Gibran.

"Minyak tawon," singkat Gibran Rakabuming Raka.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty, Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati, Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Editor Andi Hartik, Ardi Priyatno Utomo, Riska Farasonalia, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/15/060000978/-populer-nusantara-pendukung-argentina-birukan-kota-ambon-wali-kota-blitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke