Salin Artikel

Berada di Dapur Saat Hujan, Warga Purworejo Tewas Tertimbun Longsor

PURWOREJO, KOMPAS.com- Ngatiman (54) Warga Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo tewas tertimbun longsor pada Rabu (14/12/2022) sore.

Ngatiman tertimbun longsor sekitar pukul 17.00 WIB setelah rumahnya yang berada di dekat tebing tertimpa longsoran. Longsor terjadi disebabkan wilayah Kabupaten Purworejo diguyur hujan deras sejak siang hari.

"Benar, longsor telah menimpa rumah Pak Ngatiman yang terjadi sore tadi," kata Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo pada Rabu (14/12/2022).

Budi menyebut, saat kejadian longsor korban sedang berada di dapur rumahnya. Kemudian longsor yang menghantam rumahnya, menimbun bagian dapur dan korban tidak sempat menyelamatkan diri.

Proses evakuasi korban dilakukan dengan melibatkan tim dari BPBD, Polsek, anggota koramil, relawan, dan masyarakat setempat. Mobil ambulans pun disiagakan di lokasi kejadian.

Budi menambahkan, berkat kerja tim gabungan, setelah hampir 5 jam akhirnya jasad Ngatiman ditemukan.

"Alhamdulillah berkat kerja sama dari tim gabungan, korban dapat dievakuasi pada jam 21.30 malam," kata dia.

Budi mengimbau agar masyarakat di daerah yang rawan longsor untuk sementara mencari tempat yang aman ketika hujan lebat. Hal itu untuk menghindari kejadian serupa terulang kembali.

"Kalau tempat rawan longsor, warga bisa mencari tempat yang aman untuk sementara," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/14/234446478/berada-di-dapur-saat-hujan-warga-purworejo-tewas-tertimbun-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke