Salin Artikel

Gempa M 4,8 Guncang Sumba Timur, Belum Ada Laporan Kerusakan

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (14/12/2022) pukul 06.09 Wita.

"Episenter gempa ini terletak pada koordinat 9,44 derajat lintang selatan dan 120,47 derajat bujur timur," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Gempa tersebut berlokasi di laut pada jarak 33 kilometer timur laut Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, dengan kedalaman 59 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Margiono menyebutkan, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisa mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," katanya.

Dia menyebutkan, berdasarkan laporan masyarakat, dampak dari gempa ini berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Waingapu dengan skala II MMI.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa tektonik menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/14/082558278/gempa-m-48-guncang-sumba-timur-belum-ada-laporan-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke