Salin Artikel

Presiden Jokowi dan Iriana Pakai Jawi Jangkep Biru dari Bludru di Acara Adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo

Prosesi acara adat dilaksanakan di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022) pagi.

Selain Jokowi dan Iriana, para anak, menantu, dan cucunya juga memakai pakaian yang sama. Mereka ada Gibran Rakabuming Raka dan istri Selvi Ananda, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dan cucu pertama Jan Ethes Srinarendra.

Sementara Kaesang dan Erina memakai pakaian dodotan adat Jawa. Dodotan merupakan simbol pakaian orang Jawa dengan memakai dodot atau kampuh, sikepan besar dan kuluk.

Presiden Joko Widodo mengatakan, acara ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sekaligus merawat budaya.

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan," ujar Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, serta anak, menantu, dan cucu, di depan Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Menurut Jokowi, karena budaya adalah warisan para leluhur, maka wajib mengenalkan budaya.

"Mencintai budaya kita juga adalah sebuah kewajiban kita bersama. Oleh sebab itu kecintaan pada budaya harus ditunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga semakin kita mencintai," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/11/113307678/presiden-jokowi-dan-iriana-pakai-jawi-jangkep-biru-dari-bludru-di-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke