Salin Artikel

Momen Kaesang Sampaikan Salam Saranghae di Acara Pasrah Panampi di Loji Gandrung Solo

SOLO, KOMPAS.com - Ada momen menarik dalam prosesi pasrah panampi boyong temanten kedua mempelai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Prosesi acara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina dimulai sekitar pukul 07.45 WIB. Dimulai dari kedatangan Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi bersama anak, mantu dan cucunya di Loji Gandrung Solo.

Kaesang dan Erina tampak memakai pakaian dodotan adat Jawa. Dodotan merupakan simbol pakaian orang Jawa dengan memakai dodot atau kampuh, sikepan besar dan kuluk.

Kaesang dan Erina berjalan di belakang tiga orang wakil keluarga dari Yogyakarta.

Sesampai di lokasi pelaminan atau akan diterimakan kepada keluarga laki-laki, Kaesang terlihat menyampaikan salam saranghae.

Kemudian diterima oleh pihak keluarga mempelai laki-laki. Bertugas menerima Matheus Wasi Bantolo didampingi Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution diiringi tembang dandang gulo.

Dilanjutkan acara adat gepyokan (adat Jawa) dan minum air putih/air zam-zam, memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian sekalian dan menuju pelaminan.

Tata cara selanjutnya adalah pangabekten/sungkeman, tumplak punjen, dan nyebar udik-udik (menabur beras dan uang).

Selanjutnya acara begalan atau membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain oleh seniman ISI.

Kemudian acara terkahir adalah kirab pengantin dengan menggunakan kereta kencana dari Loji Gandrung menuju ke Pura Mangkunegaran.

Presiden Joko Widodo mengatakan, acara ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sekaligus merawat budaya.

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan," ujar Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/11/083311878/momen-kaesang-sampaikan-salam-saranghae-di-acara-pasrah-panampi-di-loji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke