Salin Artikel

14 Pengacara Dampingi ART yang Curhat ke Hotman Paris Diperkosa dan Dihamili Anak Majikan

BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak 14 pengacara dipastikan mendampingi seorang perempuan Asisten Rumah Tangga (ART), IO, terduga korban pemerkosaan yang dilakukan anak majikannya namun dilaporkan ke Mapolda Bengkulu.

Perkara ini sempat viral karena korban melaporkan masalahnya ke pengacara Hotman Paris. Ungkapan hati ART tersebut kemudian disampaikan Hotman melalui akun instagram hotmanparisofficial.

Saat ini IO diampingi Yayasan LBH Ibu dan Anak Indonesia Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 14 orang pengacara yang ditunjuk berdasarkan kuasa khusus 7 Desember 2022.

14 Pengacara tersebut diketuai Ilham Patahillah, yang juga Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia Provinsi Bengkulu.

"Ada 14 pengacara yang mendampingi terduga korban," kata Ilham Patahillah saat dikonfirmasi, Jumat (9/12/2022).

Ilham menyebut, saat ini laporan kliennya telah disampaikan ke Mapolda Bengkulu.

"Benar kita dampingi dan sudah terbit LP Polisi No. LP-B/1245/XII/ 2022/SPKT/Polda Bengkulu tertanggal 8 Desember 2022 atas laporan dugaan pemerkosaan terhadap klien kami," tutur Ilham.

Ia menambahkan, pada prinsipnya ia dan 14 pengacara lain menyatakan siap mendampingi korban dan akan mengedepan prinsip kebenaran dan keadilan. Terduga korban telah dimintai keterangan di Mapolda Bengkulu pada Kamis (8/12/2022).

"Harapannya Polda bengkulu bisa meninindaklajuti secara obyektif profesional sesuai hukum yang berlaku, terutama nasib hak asasi manusia anak  dalam kandungan yang harus dilindungi baik pelapor sebagai Ibu maupun anaknya," tambah Ilham.

Selanjutnya Jumat 9 Desember 2022  kliennya dan mendatangi unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Bengkulu.

Sebelumnya diberitakan, terduga korban ART menghubungi Hotman Paris dan menyampaikan keluhannya telah menjadi korban pemerkosaan anak majikan hingga hamil.

ART itu meminta pertanggungjawaban namun ditolak lalu melaporkan ke polisi.

Namun ART justru dilaporkan balik oleh keluarga majikannya di Mapolda Bengkulu. Curhatan itu diunggah Hotman Paris Hutapea dalam instagramnya lalu menjadi perhatian publik.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/10/091112278/14-pengacara-dampingi-art-yang-curhat-ke-hotman-paris-diperkosa-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke