Salin Artikel

Luhut hingga Muhadjir Hadiri Siraman Kaesang di Rumah Presiden Jokowi

SOLO, KOMPAS.com - Keluarga Presiden Jokowi menggelar siraman untuk putra bungsunya Kaesang Pangarep di kediaman Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Kaesang akan melangsungkan pernikahannya dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022).

Ijab kabul Kaesang dan Erina dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, prosesi siraman dimulai pukul 08.00 WIB. Terlihat janur kuning menghiasi sekitar kediaman orang nomor satu di Indonesia.

Janur kuning ini dipasang mulai dari gang masuk kediaman mantan Wali Kota Solo tersebut. Kemudian, dipasang di pintu masuk kediaman dan di pergola depan rumah.

Para tamu terlihat telah memasuki kediaman Presiden Jokowi. Selain dari keluarga inti, para menteri Kabinet Indonesia Maju juga telah masuk ke kediaman Jokowi.

Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Sebelumnya, Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, prosesi siraman Kaesang menggunakan tujuh sumber mata air.

Tujuh sumber mata air itu antara lain berasal dari Pura Mangkunegaran, kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, air dari Pengging, air dari rumah eyang Sujiatmi Notomiharjo almarhum, air dari Masjid Agung, dan air dari Keraton Solo.

"Yang melakukan siraman Bapak, Ibu, pakde, bude, dan paklik yang sudah mantu (menikahkan anaknya)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

Diketahui, prosesi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Solo digelar di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. Loji Gandrung dipakai acara adat dan Pura Mangkunegaran sebagai lokasi resepsi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/09/082413278/luhut-hingga-muhadjir-hadiri-siraman-kaesang-di-rumah-presiden-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke