Salin Artikel

Sosok Joko Riyanto, Penjual Angkringan di Solo yang Sudah 3 Kali Ini Dapat Undangan Nikah Anak Jokowi

KOMPAS.com - Joko Riyanto (59), penjual hidangan istimewa kampung (HIK) atau angkringan di Solo, Jawa Tengah, mendapat undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Ternyata, ini bukan kali pertama Joko memperoleh undangan pernikahan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, warga Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, ini juga diundang ke pernikahan Gibran Rakabuming Raka (anak pertama Jokowi) dan Kahiyang Ayu (anak kedua Jokowi).

"Saya sudah tiga kali ini diundang. Dari Mas Gibran, Mbak Kahiyang, sama Mas Kaesang," ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Untuk undangan resepsi pernikahan Kaesang-Erina, pria yang kerap disapa Jack ini mendapat jadwal pada pukul 10.30 WIB-11.30 WIB.

Ia mengatakan, undangan resepsi pernikahan Kaesang-Erina ini ia terima dari salah satu pegawai Graha Saba Buana, gedung pertemuan milik Gibran Rakabuming Raka.

"Undangan diantar jam 9 pagi dari petugas gedung Graha Saba Buana," ucapnya.

Bapak tiga anak ini menuturkan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadiri resepsi pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran, Solo. Jack akan ke resepsi bersama istrinya, Endang Mawarni (48).

Dia menjelaskan, dirinya juga tidak akan membawa apa-apa saat resepsi pernikahan Kaesang dan Erina karena di dalam undangan disebutkan bahwa acara itu tidak menerima sumbangan.

"Ya biasa saja. Pakaian batik kami berangkat ke sana. (Besok) enggak bawa apa-apa. Kami datang tanda tangan, ambil suvenir, kami foto, makan, sudah pulang," ungkapnya.


Berjualan di depan Graha Saba Buana

Jack berjualan angkringan di depan Graha Saba Buana sejak 2001. Ia mengaku sudah kenal dengan Jokowi sebelum ayah Kaesang Pangarep itu menjadi Wali Kota Solo.

Jokowi, terang Jack, sering ke Graha Saba Buana berjalan kaki dari tempat tinggalnya di Sumber. Jack mengaku sempat sesekali berbincang hangat dengan Jokowi. Meski demikian, Jokowi belum pernah ke warung HIK-nya.

Namun, Jack pernah diminta membuatkan minuman dan membawa makanan ke Graha Saba Buana.

"Saya pernah melayani Bapak, misalnya membuatkan susu jahe. Dia sukanya itu tahu bacem, pisang goreng dibakar. Jadi di-dahar anget-anget. Saya sering itu dibawa ke gedung," bebernya.

Menurut Jack, sebagai rakyat biasa, dirinya mengaku bangga mendapat undangan resepsi pernikahan Kaesang-Erina.

"Sebagai orang kecil, wong cilik diundang beliau Pak Presiden, sesuatu kebanggaan bagi saya," tuturnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/08/162900278/sosok-joko-riyanto-penjual-angkringan-di-solo-yang-sudah-3-kali-ini-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke