Salin Artikel

Sempat Lumpuh Total Tertutup Longsor, Jalur Kebumen-Banjarnegara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

KEBUMEN, KOMPAS.com - Jalur penghubung Kabupaten Kebumen dan Banjarnegara, Jawa Tengah, yang sempat lumpuh akibat tertutup longsor, kini sudah dapat dilalui kendaraan.

Kasubsi Penmas Polres Kebumen Aiptu S Catur Nugraha mengatakan, longsor terjadi di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, pada Minggu (4/12/2022) sore.

"Sudah bisa dilalui. Tadi pagi alat berat membersihkan material longsor. Namun kami berpesan harus tetap hati-hati karena licin," kata Catur melalui keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Hasil pantaun Polres Kebumen, di Desa Giritirto sedikitnya ada 10 titik longsor yang terjadi disepanjang Jalur Lokidang tembus Banjarnegara.

Material longsor dengan ketinggian lebih dari satu meter menutupi badan jalan antar kabupaten tersebut.

Catur menjelaskan, hujan deras mengakibatkan tebing yang tepat berada di sisi jalan menjadi gembur dan longsor.

Meski tak ada korban jiwa, kata Catur, arus lalu lintas di jalur tersebut lumpuh total. Bahkan, banyak warga yang harus putar balik karena jalan tak bisa dilalui.

Usai peristiwa itu, warga setempat memasang rambu peringatan dan imbauan agar tidak melintasi jalur tersebut.

"Kini sudah bisa dilewati. Kami dari Kepolisian, TNI, BPBD serta instansi terkait bersama warga juga bergotong royong membersihkan material longsor," ujar Catur.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/05/153430778/sempat-lumpuh-total-tertutup-longsor-jalur-kebumen-banjarnegara-sudah-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke