Salin Artikel

Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Nataru, Mendag Zulhas Minta Pemda Siapkan Subsidi

“Itu ada dana 2 persen dana cadangan tidak terduga untuk subsidi kebutuhan kita sehari-hari,” ucap Zulhas saat pemantauan ketersediaan dan harga bahan pokok jelang Nataru di Pasar Rasamala, Banyumanik, Semarang, Jumat (2/12/2022).

Pihaknya memastikan bila ada harga yang naiknya di atas 5 persen, maka pemerintah daerah akan turun untuk membiayai ongkosnya.

“Misal bawang dari mana datangnya, nanti ongkos dari pemerintah daerah yang menanggung sehingga harga tetap stabil,” katanya.

Bersama Menteri BUMN Erick Tohir, Zulhas berkeliling pasar sejak pukul 08.30 WIB untuk mengecek harga ke para pedagang setempat, ia memastikan stok dan harga aman.

“Ketersediaan terjamin, beras, telur, cabai, ayam semua ada. Ndak usah khawatir untuk menghadapi natal dan tahun baru,” tegas Zulhas usai pantauan.

Pada kesempatan itu, kedua Menteri tersebut sekaligus memborong belanja untuk emak-emak. Para pedagang pun sangat senang lantaran dagangannya dilarisi.

Dari hasil pantauan, Ia menjelaskan harga cabe rawit naik sedikit. Sementara harga bawang, tempe dan cabe merah keriting tidak mengalami kenaikan.

Dia mengatakan secara keseluruhan inflasi mengalami penurunan bulan ini menjadi 5,42 persen. Padahal pada triwulan ke-3 kemarin ada di angka 5,72 persen.

“Minyak curah itu memang belinya Rp 15.500, kenapa beda? Karena kalau minyak kemasan 1 liter. Nah 1 liter dengan 1 kilo beda. 1 liter Rp14.000, 1 kilo Rp15.500. Karena 1 kilo lebih banyak dari 1 liter, bukan karena curah mahal,” terangnya.

“Pak Tito (Mendagri) juga concern soal ini, dan terus mengadakan rapat inflasi tiap Senin,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/02/150837978/antisipasi-kenaikan-harga-pangan-jelang-nataru-mendag-zulhas-minta-pemda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke