Salin Artikel

Hendak Beli Perahu, 1 Warga Ditemukan Tewas Mengambang di Perairan Lembeh Bitung

Tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban dan membawa jenazah ke rumah duka untuk disemayamkan.

Kepala Kantor Basarnas Manado Monce Brury menjelaskan, kejadiannya pada Selasa (29/11/2022). Saat itu korban bersama temannya Suharso. Mereka dari Desa Kareko menuju Desa Binuang untuk pembelian perahu.

Keduanya menggunakan perahu pakura ke lokasi. Baru di pertengahan jalan, perahu mati mesin dan dihantam ombak.

"Perahu mengalami kebocoran, korban dan temannya menyelamatkan masing-masing, akan tetapi korban tidak bisa berenang akhirnya tenggelam terbawa ombak," jelas Monce.

Lanjut dia, korban sempat berteriak meminta tolong tapi tidak ada perahu yang lewat di sekitaran last know position (LKP).

Korban dinyatakan hilang pada hari Selasa 15.10 WITA. Warga sekitar sempat melaksanakan pencarian secara mandiri akan tetapi korban tidak ditemukan.

Setelah menerima laporan ini, Basarnas menurunkan satu tim penyelamat dan membawa peralatan perahu karet untuk melaksanakan pencarian.

Dalam pencarian, Basarnas dibantu Polairud, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, dan masyarakat setempat.

Tim pencarian dibagi beberapa SAR Unit (SRU). Tim melaksanakan pencarian secara zig-zag, tim difokuskan di sekitaran LKP mengingat masyarakat memberikan info bahwa angin laut mengarah ke daratan dan di sekitar lokasi juga terdapat keramba ikan.

"Akhirnya korban ditemukan yang tidak jauh dari LKP dan korban tersangkut di keramba milik warga dalam keadaan mengambang," jelasnya.

"Tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban dan membawa korban ke rumah duka untuk disemayamkan," tambah Monce.

Dalam pencarian ini tim selalu waspada, mengingat gelombang air laut sangat tinggi dan membahayakan tim. "Dengan ditemukannya korban operasi kami tutup," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/065735278/hendak-beli-perahu-1-warga-ditemukan-tewas-mengambang-di-perairan-lembeh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke