Salin Artikel

Pimpin Upacara Hari Guru, Ganjar Tuturkan Kisah Keteladanan Bima dalam Lakon Dewa Ruci

Diceritakan sikap patuh Bima sudah sepatutnya dicontoh para pembelajar masa kini. Menurutnya, mengingkari perintah guru sama dengan menolak bertambahnya ilmu.

“Guru itu bukan sekadar menjadi pintu ilmu tapi dia adalah penuntun jiwa,” tegas Ganjar saat memimpin upacara Hari Guru Nasional Ke-77 di Museum Ranggawarsita, Jumat (25/11/2022).

Mengingat pentingnya peranan guru dalam menciptakan pribadi berkarakter dan berkualitas, maka kesejahteraan mereka harus diperhatikan.

Sampai saat ini, sebanyak 5.546 guru honorer di bawah naungan Pemprov Jateng telah menerima gaji setara UMK kabupaten kota masing-masing.

“Maka saya selalu mewanti-wanti temen-temen bupati wali kota. Tolong dong perhatikan guru-guru di bawah naungan kabupaten kota itu, minimal menerima gaji sesuai UMK,” katanya.

Apalagi undang-undang sudah memerintahkan agar semua level pemerintahan mengalokasikan 20 persen anggarannya untuk pendidikan.

“Yang di provinsi ngurus 13.477 ribu guru tidak tetap (GTT)/pegawai tidak tetap (PTT) dan ngurus 667 sekolah saja bisa, masa yang di kabupaten tidak bisa,” imbuhnya.

Untuk mewujudkan cita-cita negara maju dan kuat, ia mengajak para ahli untuk turut berkontribusi mewujudkan revolusi dunia pendidikan.

“Ayo minimal kita lakukan hal serupa. Jangan cuma cerita itu kita jadikan dongeng apalagi bahan untuk mengolok-olok negara kita. Jika kita tahu negara kita tertinggal dalam hal pendidikan, ayo kita berbuat sesuatu untuk perbaikan,” tegasnya.

Pasalnya dunia pendidikan bukan sekadar ruang mencetak karyawan. Namun menjadi ruang terbesar untuk mengangkat derajat kemanusiaan.

Ganjar juga mengingatkan pentingnya sosok guru memahami potensi kemanusiaan terbesar setiap siswa.

“Ayo lakukan tugas kita sebaik-baiknya agar seluruh siswa menemukan jatidirinya layaknya Bima. Selamat Hari Guru. Dari hati yang paling dalam saya menghaturkan, I love you,” pungkas Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/25/204954878/pimpin-upacara-hari-guru-ganjar-tuturkan-kisah-keteladanan-bima-dalam-lakon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke