Salin Artikel

Nekat Masuk Ilegal untuk Jenguk Nenek yang Sakit, Seorang WN Malaysia Diamankan

Diketahui, pemuda tersebut, merupakan WN Malaysia, yang masuk Indonesia secara ilegal.

Karena merupakan warga asing, pemuda tersebut diserahkan ke Imigrasi, untuk tindak lanjut proses hukum.

Kepala Kantor Imigrasi Nunukan, Washington Saut Dompak Napitupulu mengatakan, pemuda Malaysia tersebut bernama Mohammad Syamde Shauqy (17), dengan alamat domisili Kuarters Pekerja Dumpas Palm Oil Mill Wdt 82, 91000 Tawau, Sabah, Malaysia.

"Dari keterangan yang diperoleh petugas, pemuda Malaysia tersebut hendak menuju Sulawesi untuk menjenguk neneknya yang sakit," ujar Washington, Rabu (23/11/2022).

Shauqy menuturkan, ia berangkat dari rumahnya di Sandakan Malaysia, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 23.00 Wita. Ia ikut Hasmir, seorang WNI yang merupakan pamannya.

Keduanya tiba di Tawau Malaysia sekitar pukul 05.00 Wita, dan pukul 06.00 Wita, keduanya melanjutkan perjalanan dari Tawau, menuju Pulau Sebatik, Indonesia.

Sesampainya di Sebatik, ada keluarga lain yang menjemput keduanya, yaitu Rizwan. Sekitar pukul 14.00 Wita, ketiganya melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bambangan Sebatik, menuju dermaga tradisional Aji Putri, Nunukan.

"Di dermaga Aji Putri, petugas melakukan pemeriksaan dan menemukan keberadaan seorang WNA yang tidak memiliki dokumen keimigrasian. Petugas akhirnya menyerahkannya ke Imigrasi, untuk penindakan pelanggaran keimigrasian," tuturnya.

Dari wawancara, Shauqy mengatakan, ini pertama kalinya melakukan perjalanan ke Indonesia melalui jalur ilegal.

Shauqy juga mengaku terpaksa menempuh jalur tidak resmi tersebut, demi bisa bertolak ke Sulawesi, untuk mengunjungi neneknya yang sedang sakit.

"Kalau lolos di Nunukan, WN Malaysia tersebut berniat naik kapal menuju Enrekang Sulawesi Selatan. Ia mengatakan ingin mengunjungi neneknya yang sedang sakit," tegasnya.

Saat ini, Shauqy ditempatkan di ruang Detensi Imigrasi Nunukan. "Kita masih melakukan penyelidikan lebih mendalam," kata Washington.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/23/155515478/nekat-masuk-ilegal-untuk-jenguk-nenek-yang-sakit-seorang-wn-malaysia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke