Salin Artikel

CFD di Solo Tetap Berjalan meski Ada Pernikahan Kaesang-Erina, Polisi Rekayasa Lalu Lintas

Seperti diketahui resepsi pernikahan keduanya bakal digelar pada Minggu (11/12/2022), mendatang, setelah melakukan acara akad nikah di Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022).

Konsep pernikahan yang mengusung konsep pesta rakyat dengan mendirikan sembilan panggung hiburan ini, bakal menyedot perhatian warga.

Melihat kondisi ini, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo bakal merancang manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) dengan mengedepankan kepentingan pengguna jalan dan masyarakat.

Kepala Polresta (Kapolresta) Solo, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Iwan Saktiadi,  mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dan Satpol PP Solo.

"Informasi dari Mas Wali (Gibran Rakabuming Raka), kegiatan CFD tetap jalan," kata Iwan, Rabu (23/11/2022).

Pola pengalihan arus lalu lintas dirancang di sepanjang rute jalur menuju lokasi prosesi pernikahan.

"Prosesi pernikahan beriringan dengan aktivitas masyarakat. Kegiatan masyarakat tidak terganggu. Jadi, polanya hampir sama saat pelaksanaan muktamar dan haul habib," ujar dia.

"Nantinya bersifat opsional tergantung kondisi di lapangan seperti apa. Jadi, dinamis agar tidak menggangu aktivitas masyarakat di area CFD Solo," lanjut dia.


Untuk menunjang kesiapan rekayasa lalu lintas, Iwan menuturkan bakal mengumpulkan informasi atas lokasi penginapan para tamu undangan.

"Kami sudah mencoba mengakomodir, mengumpulkan bahan-bahan, mengumpulkan keterangan, mengumpulkan informasi, mengenai yang pertama adalah hotel. Tentunya hotel-hotel yang akan rencana digunakan oleh para tamu walaupun sampai dengan saat ini kami belum memperoleh," ujar dia.

"Tapi, kami mencoba meraba-raba, hotel mana yang akan digunakan untuk resepsi. Sehingga, alur pemberangkatan para tamu dari hotel ke lokasi dan lokasi hotel itu bisa kami pola-pola kan," papar dia.

Iwan mengatakan, pola-pola rekayasa yang diberlakukan akan berlangsung secara situasional.

"Sangat dinamis melihat situasi lapangan artinya jika memang perlu dialihkan akan kami alihkan. Kalau perlu kami tutup beberapa pegal jalan untuk kami carikan alternatif. Tapi, prinsip kami adalah tidak menghalangi kegiatan masyarakat," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/23/142611878/cfd-di-solo-tetap-berjalan-meski-ada-pernikahan-kaesang-erina-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke