Salin Artikel

Nekat Gunakan Uang Palsu Kualitas Rendah untuk Beli Ponsel, Pria di Palembang Ditangkap

Dari tangan Epin, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit mesin printer serta cat semprot yang digunakan tersangka untuk mencetak uang palsu.

Kasubdit II Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan Kompol Agus Prihadinika mengatakan, penangkapan itu bermula dari adanya laporan dari masyarakat yang mendapatkan uang palsu ketika tersangka belanja di warung.

Dari temuan itu, penyidik langsung turun ke lapangan dan melakukan penyelidikan sampai akhirnya Epin tertangkap.

Hasil pemeriksaan, Epin mengaku telah mencetak uang sekitar Rp 5 juta dengan pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, hingga Rp 10.000.

“Uang itu ada sebagian sebagian digunakan belanja di warung. Bahkan ada juga yang digunakan membeli handphone secara COD,” kata Agus, Jumat (18/11/2022).

Agus menjelaskan, tersangka Epin mencetak uang palsu hanya menggunakan mesin printer dan disemprot dengan cat. Cara itu ia pelajari dari video berbagi YouTube.

“Tersangka membuatnya hanya dengan modal kertas putih lalu dicetak menggunakan printer. Hasil pemeriksaan dia juga residivis dan pernah ditahan dengan kasus yang sama,” ujarnya.

Menurut Agus, uang palsu yang dicetak oleh Epin sangat jauh berbeda dari uang asli. Bahkan, cetakan uang tersebut sangat kasar dan tidak memiliki tanda air.

“Agar tidak ketahuan tersangka belanja di malam hari, dan melakukan COD untuk membeli HP,” jelasnya.


Sementara itu, pengakuan dari tersangka Epin ia membeli printer tersebut seharga Rp 3 juta.

Kemudian, ia secara sembunyi-sembunyi mencetak uang palsu itu di rumah.

“Untuk beli Hp itu Rp 900.000, sisanya saya belanja di warung untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya singkat.

Atas perbuatannya, Epin pun terancam dikenakan pasal 244 KUHP Juncto pasal 36 Undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang pemalsuan uang dengan ancaman hukuman penjara selama 12 tahun.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/192746378/nekat-gunakan-uang-palsu-kualitas-rendah-untuk-beli-ponsel-pria-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke