Salin Artikel

Bakal Dihadiri Presiden Jokowi, Pengamanan Muktamar Muhammadiyah di Solo Diperketat

Pengecekan dilaksanakan di Mako Brimob Detasemen C Pelopor, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pada Jumat (18/11/2022).

Hal ini sebagai antisipasi keamanan peserta muktamar, tamu VVIP hingga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang dijadwalkan menghadiri pembukaan pada Sabtu (19/11/2022).

Total ada ribuan personel dari Polda Jateng, Polresta Solo dan sejumlah BKO dari kawasan Soloraya, untuk pengamanan acara tersebut.

"Ada 2.000 personel gabungan yang diterjunkan. Kami BKO kan, dari wilayah eks Karisidenan Surakarta. Bukan dari Polresta saja. Kami pertebal keamanannya," kata Ahmad, pada Jumat (18/11/2022).

"Kami pertebal sehingga apabila ada trouble spot kemudian black spot wilayah bisa langsung backup," lanjut dia.

Pihaknya juga menjamin keberlangsungan kegiatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, dalam keadaan aman.

Bahkan, pengaman buka hanya di kawasan Solo dan Sukoharjo. Namun, juga akan menyebar di sejumlah jalur masuk dan keluar wilayah.

"Yang lebih diantisipasi kan pam (pengamanan) kendaraan keluar masuk jalur Kota Solo. Kami menjamin, penyelenggaraan kegiatan ini nyaman dan aman," kata Luthfi.


Di sisi lain, Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, pengamanan akan diperkuat dari unsur Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam).

Total sebanyak 1.300 anggota Kokam telah disiagakan dan melaksanakan apel siaga di Stadion Manahan pada pekan lalu.

"Anggota Kokam juga sudah siap. Pekan lalu, juga sudah apel di Stadion Manahan Solo. Saya yang memimpin langsung apel kesiagaannya," ujar Iwan.

Selain itu, ada sejumlah ruas jalan di lokasi di sekitar Stadion Manahan yang ditutup total selama pembukaan muktamar.

Kedelapan lokasi itu masing-masing Flyover Manahan, Simpang Tugu Wisnu, Simpang Damri Solo, Simpang Bapas Solo, Simpang Patung Kuda, Simpang Brimob Solo, Simpang Gapensi dan Simpang Rown Division.

Penutupan diperkirakan akan terjadi Sabtu (19/11/2022) mulai 06.00 WIB, menjelang pembukaan pada pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/135526378/bakal-dihadiri-presiden-jokowi-pengamanan-muktamar-muhammadiyah-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke