Salin Artikel

Gibran Ungkap Rencana Jokowi Usai Masa Jabatannya sebagai Presiden Berakhir

KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai masa jabatannya sebagai presiden berakhir pada 2024.

Putra sulung Jokowi tersebut membenarkan bahwa ayahnya akan kembali ke rumahnya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), setelah tidak lagi mengemban jabatan presiden.

"Ya, pulanglah (ke Solo). Paling ya di Sumber. Rumahnya (Jokowi) di Sumber (Solo)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jateng, Rabu (16/11/2022).

Akan tetapi, Gibran mengaku tidak tahu kegiatan apa yang akan dilakukan Jokowi usai tak lagi menjadi presiden, termasuk soal rencananya akan aktif sebagai pegiat lingkungan hidup.

"Saya tidak tahu. Ya tanya beliau (Jokowi) dong. Belum, tidak ada (pembicaraan)," ungkapnya.

Sambil bergurau, Gibran mengatakan, dia justru akan meminta Jokowi untuk kembali ke Jakarta.

"Ya sudah saya suruh (Jokowi) kembali ke Jakarta. Sudah, gampang kan?" candanya.

Gibran kembali menegaskan bahwa dia tak tahu rencana detail ayahnya usai tak lagi mengemban tugas sebagai Kepala Negara pada 2024.

"Saya belum tahu rencana detailnya seperti apa," tandasnya.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan Kompas.com pada Senin (14/11/2022), Presiden Jokowi mengaku akan pulang ke Solo dan menjadi warga biasa usai masa jabatannya berakhir pada 2024.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo, sebagai rakyat biasa," ujar Jokowi dalam wawancara bersama The Economist.

Presiden Republik Indonesia (RI) dua periode itu menambahkan, dia akan menjadi pegiat lingkungan hidup untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," ucapnya.

Dia berharap, periode masa kepemimpinannya bisa mewarisi perubahan pola pikir dan cara kerja masyarakat agar Indonesia tumbuh menjadi negara maju.

"Dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru, saya meyakini, dengan kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar, kita (Indonesia) akan bisa melompat ke negara maju," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani, Ardito Ramadhan | Editor: Dita Angga Rusiana, Icha Rastika)

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/162858478/gibran-ungkap-rencana-jokowi-usai-masa-jabatannya-sebagai-presiden-berakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke