Salin Artikel

Berpeluang Jadi Cawapres Anies Baswedan, Gibran: Aku ke Semua Orang Berusaha Bisa Bergaul

SOLO, KOMPAS.com - Partai Nasdem mengisyaratkan terbuka peluang bagi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Saat ditemui media di Balai Kota Solo, Gibran mengatakan, tidak ada tanggapan mengenai peluang cawapres yang diisyaratkan Partai Nasdem.

"Tidak ada tanggapan," ucap Gibran di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (16/11/2022).

Suami Selvi Ananda ini menambahkan dirinya ingin berusaha merangkul semua pihak.

Tidak hanya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tetapi juga kepada semua kalangan.

"Kalau urusan chemistry aku ke semua orang berusaha untuk bisa bergaul ya. Itu pandangan politik biasa. Karo sopo-sopo ya koncoan ya. Berkawan dengan semua," ungkap putra sulung Presiden Jokowi.

Kepribadian Gibran yang berusaha merangkul semua kalangan ini mendapat pujian dari mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Gibran apa yang dilakukannya tersebut karena dirinya ingin belajar dari semua orang.

"Kita bukan membaur ya, berguru. Berguru ke Rocky Gerung, berguru ke Pak Anies. Berguru itu tidak harus sama satu partai atau satu kubu. Berguru sama semua orang," ungkap dia.

Gibran tidak khawatir ada yang mengaitkan pertemuannya dengan Anies Baswedan untuk menarik suara bagi bakal capres dari Partai Nasdem tersebut.

Gibran menegaskan bahwa pertemuannya dengan Anies Baswedan di Solo kemarin untuk sarapan bersama dan menghadiri haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Pasar Kliwon, Solo.


"Lha ngopo mencari suara neng Solo. Nggak, nggak. Biasa wae. Kemarin itu cuma sarapan sama pengajian (haul) enggak ada yang lain. Sesimpel itu," terang Gibran.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali mengisyaratkan terbuka peluang bagi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Anies sendiri dibebaskan oleh Nasdem untuk menentukan siapa sosok cawapres yang akan dia tunjuk.

"Tapi kalau kemudian Gibran dipantaskan untuk menjadi cawapres Anies, kenapa tidak?" ujar Ali saat dihubungi, Selasa (15/11/2022).

Ali mengatakan, Gibran memenuhi kualifikasi untuk menjadi cawapres Anies.

Apalagi, Anies turut mengapresiasi kinerja Gibran dalam membangun Kota Solo.

Walau begitu, Ali menegaskan tidak ada pembahasan politik dalam pertemuan antara Anies dan Gibran di Solo tadi pagi.

"Tapi kan sekali lagi Anies melakukan perjalanan ke Solo bukan dalam rangka itu. Anies ke Solo dalam rangka menghadiri haul. Kemudian berkesempatan Gibran bersilaturahmi dengan beliau. Terus mereka banyak bicara tentang pembangunan kota," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/142333978/berpeluang-jadi-cawapres-anies-baswedan-gibran-aku-ke-semua-orang-berusaha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke