Salin Artikel

Kapolda NTT: Jika Ingin Jadi Anggota Polri, Jangan Percaya Calo

Hal tersebut diungkapkan Johni saat audiensi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sikka, Selasa (15/11/2022) sore.

"Apabila ada sanak saudara yang ingin jadi anggota Polri kiranya jangan percaya terhadap calo," kata Jhoni.

Menurutnya, calon anggota Polri harus memiliki niat dan menyiapkan diri secara baik. Misalnya, berolahraga dan mengikuti bimbingan belajar privat. Sehingga saat proses seleksi mendapat hasil yang memuaskan.

"Saya tekankan lagi, jangan percaya calo," ujar jendral asal Kabupaten Alor ini.

Ia menjelaskan, tugas pokok Polri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Polri, bebernya, bertugas melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.

Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan. Membina meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum serta ketaatan terhadap hukum dan peraturan perundang - undangan.

"Dan turut serta dalam pembinaan hukum nasional, dan memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum," katanya.

Jhoni juga meminta, agar Polres Sikka selalu membangun kerja sama dan menerapkan metode restorative justice dalam penegakan hukum.

Selain itu, pimpinan polisi mulai dari kapolres hingga kapolsek harus menerima masyarakat yang datang menyampaikan keluh kesah.

Ia juga Johni mengajak pemerintah setempat saling bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) agar maksimal melakukan pembangunan daerah.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menyampaikan terima kasih kepada Polda NTT yang sudah mendukung pemerintah dengan meresmikan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Sikka.

"Terima kasih untuk Bapak Kapolda semoga dengan adanya Satpolairud Sikka menjadi lebih baik khususnya di pengawasan di wilayah perairan," pintanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/133237378/kapolda-ntt-jika-ingin-jadi-anggota-polri-jangan-percaya-calo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke