Salin Artikel

Saldo 34 Nasabah Tiba-tiba Rp 0, Bank Sulselbar Janji Kembalikan dalam 40 Hari Kerja

MAMUJU, KOMPAS.com - Sebanyak 34 nasabah Bank Sulselbar Cabang Mamuju, Sulawesi Barat, kini telah mengadu kehilangan uang tabungan di rekening mereka setelah isi saldonya menjadi nol rupiah. 

Jumlah ini bertambah empat setelah pihak bank menggelar pertemuan tertutup dengan nasabah pada Jumat (11/11/2022). 

Tim Legal Bank Sulselbar Faisal Satria mengatakan, pihaknya meminta waktu selama masa 40 hari kerja sejak pertama kali dilaporkan untuk mengganti uang nasabah. 

Hal ini, kata dia, mengacu pada Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (POJK) Nomor 18 Tahun 2018.

"Sesuai kesepakatan pertemuan kemarin dengan nasabah bahwa kami masih melakukan pendalaman dan penelusuran terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan batas waktu pengaduan pelayanan konsumen sebagaimana POJK yang berlaku," ujar Faisal kepada wartawan pada Senin (14/11/2022). 

Faisal menuturkan bahwa penelusuran dan pendalaman data nasabah juga berbarengan dengan laporan pihaknya di Kejaksaan.

Jika pencocokan data nasabah selesai sebelum masa 40 hari kerja berakhir maka pihaknya tetap akan melakukan pengembalian. 

Namun, Faisal mengacu laporan yang dilayangkan nasabah ke pihak kepolisian memperlambat langkah pihaknya untuk melakukan penelusuran data nasabah itu sendiri. 


"Karena waktu tersita kami dipanggil polisi juga. Akhirnya waktu banyak tersita. Maunya kami kemarin tunggu proses kejaksaan," kata Faisal. 

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga yang menjadi nasabah Bank Sulselbar Kantor Cabang Mamuju mengaku kehilangan uang di rekening pribadi mereka. 

Jumlah saldo yang hilang mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Salah satu nasabah yang kehilangan dana di rekening Bank Sulselbar Mamuju ialah anggota DPRD Mamuju Tengah Nirmalasari Aras. 

Nirmalasari mengaku kehilangan dana tabungan hingga Rp 2 miliar.

Dia pun mengatakan sudah melaporkan hal ini ke penyidik Polda Sulbar. 

"Pas saya cek sudah nol saldo. Saya heran karena saya tidak pernah menarik," kata Nirmalasari di kantor Bank Sulselbar Mamuju, Senin (7/11/2022). 

https://regional.kompas.com/read/2022/11/14/135914078/saldo-34-nasabah-tiba-tiba-rp-0-bank-sulselbar-janji-kembalikan-dalam-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke