Salin Artikel

Sidak Manahan, Komisi X DPR RI: Sterilisasi Stadion 3 Bulan Jelang Piala Dunia U-20

SOLO, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Komisi X melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (11/11/2022).

Kedatangan rombongan ini sebagai bentuk pengawasan atas kesiapan stadion kebanggaan warga Solo itu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2023 mendatang.

Para anggota dewan juga takjub dengan sejumlah fasilitas di Stadion Manahan yang telah berstandar internasional.

Bahkan, kualitas rumput lapangannya yang saat ini juga dianggap telah berstandar FIFA.

Di sisi lain, sejumlah anggota juga menyoroti kawasan di Stadion Manahan hingga akhir tahun dimungkinkan masih banyak event yang dihelat.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan, Stadion Manahan masih bisa digunakan.

Akan tetapi, event tersebut dapat berjalan jika diizinkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) atau pemerintah kota (Pemkot) Solo, dengan konsekuensi tidak adanya kerusakan jelang Piala Dunia U-20.

"Penting pemerintah daerah menjamin, saya kira tidak ada masalah," kata Abdul saat di Stadion Manahan, Jumat (11/11/2022).

Ia menjelaskan, untuk meminimalisir kerusakan, disarankannya untuk penggunaan stadion tiga bulan sebelum U-20 digelar.

Ia juga berpendapat, jika Pemkot Solo ingin mengadakan acara sekitar bulan November atau Desember masih memungkinkan dilaksanakan.

"Ini malah menjadi tes event di beberapa tempat yang diuji coba dulu. Nah asal jangan merusak, dan waktunya jangan mepet-mepet Mei," jelasnya.

"Kalau sekarang sekarang masih bulan November atau Desember atau ada event tidak masalah karena Mei kita pakainya. Ya kalau dekat-dekat Mei jangan, supaya 3 bulan (sebelumnya) betul-betul sudah ready," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/11/191143578/sidak-manahan-komisi-x-dpr-ri-sterilisasi-stadion-3-bulan-jelang-piala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke