Salin Artikel

Penumpang Mobil Terlihat Buang Bayi Laki-laki di Pinggir Jalan di Solo

SOLO, KOMPAS.com - Bayi laki-laki ditemukan di pinggir Jalan Siwalan Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/11/2022).

Informasi yang dihimpun Kompas.com, bayi yang diletakkan di dalam tas warna hitam itu, ditemukan warga saat bayi itu menangis setelah dibuang pelaku.

Pelaku diduga menggunakan kendaraan roda empat Suzuki APV yang sempat terlihat oleh warga, meletakkan tas hitam tersebut.

Saat ini, bayi laki-laki itu dalam kesehatan sehat dirawat di Rumah Sakit (RS) Panti Waluyo, Kota Solo, Jawa Tengah.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) dan Pemasaran, RS Panti Waluyo, Titis Pamungkas diwakili Staf Humas, Daniel Kharisma Adi, mengatakan, bayi itu dibawa sekitar pukul 06.30 WIB dalam keadaan sempat dehidrasi.

"Saat ini kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki, memiliki berat 3 kilogram, panjang 47 sentimeter, kondisi bayi sehat," kata Daniel Kharisma, pada Rabu (9/11/2022).

Selanjutnya, pihak rumah sakit juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi bayi dengan massa observasi selama 1x24 jam.

"Kami lakukan saat ini adalah tes kesehatan, termasuk cek darah lengkap dan sebagainya. Kami akan observasi dulu bayinya, setelah itu baru nanti kami serahkan Dinas Sosial biasanya seperti itu karena sosial akan mengurusnya," lanjut dia.

Pihaknya terpaksa memberikan susu formula untuk asupan nutrisi bayi laki-laki itu.

"Tali pusar sudah terpotong. Umur bayi, menurut dokter tadi mungkin baru lahir tapi memang kondisinya kulitnya agak merah-merah karena diletakkan di pinggir jalan katanya seperti itu," kata dia.

Soal dugaan pelaku pembuang bayi, Pihak Kepolisian telah melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Tadi, penemu bayi sudah menghubungi pihak Polsek Laweyan, termasuk juga Dinas Sosial juga sudah ke sini," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/09/142121878/penumpang-mobil-terlihat-buang-bayi-laki-laki-di-pinggir-jalan-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke