Salin Artikel

Jajal Tol Semarang-Demak Seksi 2, Ganjar Sebut Tol Bisa Beroperasi Nataru Mendatang

SEMARANG, KOMPAS.com- Setelah menjajal Tol Semarang-Demak Seksi 2 sepanjang 16,31 km, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meyakini tol dapat diakses untuk umum pada momen Natal dan Tahun Baru.

Kini hanya tinggal detail-detail seperti rambu-rambu dan pintu keluar tol yang perlu diselesaikan.

Ia menyebut tahap uji coba secara komprehensif, Uji Laik Fungsi akan berlangsung selama sebulan mulai 19 November 2022.

“Ini harapan yang ditunggu-tunggu masyarakat di Sayung dan sekitarnya dari Semarang-Demak. Sehingga apa yang dulu diharapkan ini bisa menjadi jalur untuk mengurai kemacetan insyaallah akan bermanfaat,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Tol tersebut disebut sekaligus menjadi pengendali rob yang sering melanda kawasan tersebut. Khususnya di Tol Semarang-Demak seksi 1.

“Tanggulnya kemarin uji coba dengan konstruksi yang didesain oleh anak-anak bangsa ini, rasa-rasanya sampai hari ini cukup berhasil,” katanya.

Ganjar mengapresiasi warga yang telah mendukung proyek tol tersebut. Ia berharap sikap serupa terjadi kawasan di Tol Semarang-Demak seksi 1.

“Mudah-mudahan di Nataru ya. Mungkin sudah bisa digunakan meskipun ya uji coba begitu, belum bayar, dan sekarang sudah mulai kelihatan,” tegasnya.

Pihaknya meminta dukungan warga terdampak agar menjalin komunikasi lebih baik.sehingga proyek dapat memberi manfaat untuk semua pihak.

Adapun pelaksanaan seksi 1 Tol Semarang-Denak, Kepala BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Wida Nurfaida menjelaskan prosesnya diharapkan bisa berjalan mulai Desember mendatang.

“Harapannya untuk penanggulangan banjir jadi untuk paket yang 1C bisa selesai dan 2024 semuanya bisa selesai,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/08/223057378/jajal-tol-semarang-demak-seksi-2-ganjar-sebut-tol-bisa-beroperasi-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke