Salin Artikel

Hari Ke-8 Banjir Aceh Tamiang, Akses Transportasi Medan-Aceh Akhirnya Pulih

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Memasuki hari kedelapan banjir di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Selasa (8/11/2022), akses transportasi darat yang menghubungkan Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara kini pulih. Kendaraan roda dua dan empat sudah bisa melintas.

Meski begitu, masih ada sejumlah warga mengungsi di pedalaman Aceh Tamiang.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Agusliana Devita, menyebutkan, sebanyak 22 desa masih terisolasi, khususnya di pedalaman kabupaten itu.

“Secara umum banjir sudah surut. Namun, ada beberapa desa lagi yang masih tergenang. Tercatat pengungsi saat ini berkurang drastis dari 23.000 tersisa 7.000 jiwa," kata Devi dihubungi melalui telepon.

Dia menyebutkan, untuk pengendara lintas darat sudah bisa melintas di lokasi banjir.

“Sudah aman dilewati kendaraan berbagai jenis,” katanya.

Sedangkan kondisi pasca-banjir, sambung Devi, sejumlah warga mulai membersihkan rumah dan fasilitas umum.

“Misalnya sekolah mulai dibersihkan, karena hampir sepekan libur dan penuh lumpur,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam 12 kecamatan yaitu Kecamatan Sekerak, Seruway, Kota Kuala Simpang, Kejuruan Muda, Karang Baru, Mayak Payed, Tenggulun, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, Bendahara, Banda Mulia, dan Kecamatan Rantau Aceh Tamiang sejak 1 November 2022.

Satu orang dilaporkan tewas dalam peristiwa ini. Ratusan kendaraan tertahan di Aceh Tamiang karena tidak bisa menerobos banjir.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/08/144428978/hari-ke-8-banjir-aceh-tamiang-akses-transportasi-medan-aceh-akhirnya-pulih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke