Salin Artikel

Pemkot Semarang akan Bangun Bendungan di Ondo Rante untuk Antisipasi Luapan Sungai

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan membuat bendungan di Ondo Rante untuk mengantisipasi luapan sungai ketika hujan ekstrim.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, bendungan yang akan dibangun bermanfaat untuk menampung air sungai dari Kabupaten Semarang.

"Pemkot Semarang sudah melakukan kajian dalam merealisasikan pembangunan dam tersebut," jelasnya saat ditemui di Perumahan Wahyu Utomo Ngaliyan Semarang, Senin (7/11/2022).

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan pembangunan bendungan tersebut.

"Kalau menggunakan keuangan daerah tak mampu," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk ikut mendorong pemerintah pusat merealisasikan pembangunan bendungan tersebut.

"Kita sudah minta ke Pemerintah Jateng untuk pembangunan bendungan," tambahnya.

Di lokasi yang sama, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Kadarusman menambahkan, pihaknya juga mendorong Pemkot Semarang untuk membuat talud.

"Kamis siap menganggarkan biaya untuk talud," imbuhnya.

Untuk pembuatan talud di sekitar Sungai Sihingas, pihaknya juga harus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

"Kita butuh dukungan dari BBWS juga agar bisa koordinasi dengan Pemkot Semarang," paparnya.

Dia mengaku sudah menyampaikan kepada Sekda Kota Semarang perihal jumlah anggaran yang akan dikeluarkan DPRD dalam pembangunan talud.

"Anggarannya ada, tapi kewenangan ini berbeda, harus komunikasi dengan BBWS," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/07/204611878/pemkot-semarang-akan-bangun-bendungan-di-ondo-rante-untuk-antisipasi-luapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke